Sosialita Solo: Peduli dengan Perempuan Tulang Punggung Keluarga dan Janda

Sosialita Solo, sebuah komunitas di Kota Solo, Jawa Tengah, merupakan sebuah komunitas yang fokus pada perempuan janda dan perempuan yang menjadi tulang punggung bagi keluarga. Komunitas ini anggotanya terdiri terdiri dari perempuan-perempuan lintas profesi dan lintas etnis. Visi misi Sosialita Solo adalah mewujudkan perempuan Indonesia yang berkualitas dan berkarakter, sementara fokus Sosialita Solo adalah kepada perempuan-perempuan janda dan perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga.

Para pendiri komunitas ini terinspirasi dari tokoh perjuangan RA Kartini, yang gigih membela hak-hak emansipasi perempuan. Dalam satu tahun, Sosialita Solo memiliki dua program. Diantaranya, Sosialita Solo pernah memberikan sekitar 50 troli kepada ibu-ibu pedagang di Pasar Gedhe Solo. Selain kegiatan pelatihan, Sosialitas Solo juga pernah memberikan modal Rp 300.000 untuk ibu-ibu berdagang pisang sosial (pisos). Dana Sosialita berasal dari sumbangan anggota yang kemudian disalurkan ke masyarakat. Kegiatan Sosialita Solo murni kegiatan sosial dan bukan komunitas sosialita dengan gaya hidup mewah.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *