Cara Memberikan Dukungan Yang Tepat Untuk Orang Tersayang Yang Berjuang Dengan Depresi

Depresi seringkali menimbulkan rasa putus asa, rasa tidak berharga, dan perasaan negatif lainnya dalam diri individu dan bahkan terkadang teman/ anggota keluarga yang sedang mengalami depresi tak jarang yang menjauhkan diri dari keluarga dan temannya. Tetapi, sebenarnya teman / anggota keluarga yang sedang mengalami depresi ini membutuhkan bantuan kita, agar dapat keluar dari jaring – jaring kesedihan yang sedang dihadapinya. Jika telah ada keinginan untuk membantu mereka, maka hal – hal berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan oleh untuk benar – benar membantu teman / anggota keluarga yang sedang mengalami depresi tersebut

  • Cobalah untuk tidak menghakimi / menyalahkan mereka terhadap keadaan yang membuat mereka depresi
  • Hargai dan dengarkan setiap cerita yang mau diutarakan oleh individu yang sedang mengalami depresi. Cobalah beempati terhadap setiap cerita mereka dan perbanyak menghabiskan waktu bersama dengan mereka sehingga mereka mengetahui bahwa mereka tidaklah sendiri dan masih ada yang memberikan perhatian pada mereka. Selain itu, terkadang depresi dapat membuat emosi seseorang menjadi labil sehingga cobalah untuk bersabar dalam menghadapi emosi teman / anggota keluarga kita yang sedang mengalami depresi.
  • Yakinkan individu yang sedang mengalami depresi untuk membicarakan apa yang sedang dirasakannya dan dengan bersama – sama, bicarakan hal yang dapat dilakukan bersama dan hal yang perlu diubah agar individu tersebut tidak lagi mengalami depresi
  • Jika masalah teman / anggota keluarga yang sedang mengalami depresi terasa sulit untuk diselesaikan, yakinkan dan temani teman / anggota keluarga yang sedang mengalami depresi untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan / psikolog.
  • Jika teman / anggota keluarga yang sedang mengalami depresi belum ingin untuk membuka diri mengenai permasalahan mereka, beritahukan mereka bahwa Anda, sebagai teman / anggota keluarga mereka, siap untuk mendengarkan cerita mereka dan membantu mereka untuk keluar dari jaring – jaring kesedihannya. Anda dapat melakukannya dengan mengirimkan pesan atau menempelkan notes di pintu kamarnya yang mengingatkan bahwa mereka tidaklah sendiri.
  • Jika teman / anggota keluarga sudah pernah mengalami depresi sebelumnya, ketahuilah atau ingatlah kembali hal – hal apa yang membuatnya depresi dan bagaimana caranya agar teman / anggota keluarga Anda dapat pulih dari depresi sebelumnya.

Terlepas dari hal – hal yang dapat Anda lakukan untuk teman / anggota keluarga Anda yang sedang mengalami depresi, Anda juga harus mengingat batasan kemampuan anda dan termasuk batasan kemampuan Anda dalam membantu teman / anggota keluarga anda yang sedang mengalami depresi baik secara psikologi atau fisik (batasan dalam mendengarkan masalahnya atau batasan dalam menggantikan perannya dalam keluarga / dalam lingkungan pertemanan Anda) dan apabila Anda sudah mencapai garis batas kemampuan Anda, konsultasikan atau bicarakan hal tersebut dengan orang lain yang dekat dengan Anda atau dengan tenaga kesehatan atau dengan psikolog.

Semoga tips diatas dapat membantu teman-teman dalam mendukung dan memahami kerabat atau teman akrab yang mengalami depresi. Ingat, kuncinya adalah tingkat komunikasi yang baik.

Ilustrasi dan tips diambil dari laman resmi Get Happy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *