Gerakan Indonesia Membaca: Tingkatkan Daya Baca Masyarakat Ciamis

 Bupati Ciamis membuka acara Ciamis Membaca untuk Gerakan Indonesia Membaca. Kegiatan ini ditujukan untuk menstimulasi daya baca masyarakat serta meningkatkan wawasan lebih luas dan mampu mencerdaskan anak bangsa.

“Gerakan Indonesia Membaca yang diselenggarakan di Kabupaten Ciamis merupakan satu penghormatan dari 31 kabupaten/kota yang menyelengarakan Indonesia Membaca,” kata Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin di Gedung Islamic Center Ciamis, Selasa (12/4).

Bupati juga mengatakan, Kabupaten Ciamis termasuk penyelenggara kedua dari 31 titik Gerakan Indonesia Membaca di kabupaten/kota tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Ciamis. “Gemar membaca di Ciamis ini sudah dilaksankan sebelum Indonesia Membaca, waktu itu Ciamis mengadakan kegiatan Gemar Membaca,” ungkapnya.

Menurut Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kemendikbud Dr Eman Syamsudin, meningkatkan minat membaca di kabupaten/kota seperti di Kabupaten Ciamis ini agar Gerakan Indonesia Membaca didorong bersama-sama mencerdaskan generasi bangsa.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang kegiatan ini merupakan kebutuhan hidup masyarakat modern. Sejarah membuktikan pusat-pusat peradaban dunia disebabkan tingkat kecerdasan manusianya sudah maju. Pendidikan yang baik harus mencapai level tertinggi di dunia,” ujarnya.

Memasuki persaingan global sekarang ini masyarakat juga dituntut semakin mampu menjalani fungsinya dalam kehidupan, yakni kuncinya harus mampu menulis dan membaca.

“Serta yang paling penting harus berpikir religi, mempunyai kemampuan berkreasi, kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, dan berkarakter mulia,” ujarnya.

 

Foto diambil dari sumber.

Berita diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *