Indonesian Young Health Professionals’ Society: Tingkatkan Kualitas Kesehatan Bangsa Indonesia

Indonesian Young Health Professionals’ Society (IYHPS) adalah organisasi profesional kesehatan muda yang bersifat non pemerintah, netral dan non profit. IYHPS menjadi wadah bagi profesional kesehatan muda dari berbagai latar pendidikan kesehatan yang memiliki semangat untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kesehatan bangsa Indonesia melalui program-program edukasi kesehatan.

IYHPS memfasilitasi para profesional kesehatan muda untuk selalu dapat saling terhubung, berbagi pengetahuan, dan bekerja sama dengan satu dan yang lainnya. Saat ini, IYHPS terdiri atas kaum muda profesi kesehatan yang meliputi perawat, bidan, dokter gigi, dokter, farmasi, ahli gizi, dan kesehatan masyarakat. IYHPS resmi didirikan di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 2014. Ibarat seorang anak, IYHPS masih dalam tahap tumbuh dan berkembang untuk menjadi sebuah organisasi yang besar, mandiri, dan bermanfaat bagi Indonesia.

IYHPS mengembangkan kapasitas dan kemampuan para profesional kesehatan muda melalui kegiatan-kegiatan yang relevan dan turut berperan dalam pengembangan pendidikan profesi kesehatan, kebijakan kesehatan, terlibat dalam aktivitas promosi kesehatan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan menjalin kerjasama dengan mitra strategis termasuk komunitas muda dan para pemangku kebijakan. Bermodalkan anggota dari berbagai profesi kesehatan, IYHPS menyuarakan gerakan moral kolaborasi interprofesi dalam melakukan setiap aktivitasnya.

Dalam menunjang keberlangsungan organisasi dan mencapai visi organisasi, IYHPS memiliki tujuh divisi, yaitu divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia, divisi Hubungan Masyarakat, divisi Dana Usaha, divisi Penelitian, Pengembangan, dan Monitor-Evaluasi, divisi Promosi Kesehatan, divisi Jurnalistik dan Penulis Muda Kesehatan (PENA-Kes), dan divisi Teknologi Informasi Komunikasi Kreatif.

Beberapa kegiatan telah berhasil dilaksanakan oleh IYHPS, antara lain melakukan edukasi atau promosi kesehatan remaja di komunitas remaja dan sekolah, pelatihan peer educator kesehatan remaja di kalangan komunitas muda, mencanangkan gerakan menulis melalui program PENA-Kes (Penulis Muda Kesehatan), dan melakukan penelitian tentang pendidikan interprofesi dan kolaborasi interprofesi. Dalam rangka menyuarakan gerakan moral kolaborasi interprofesi di kalangan mahasiswa dan profesional muda, IYHPS bekerjasama dengan aliansi organisasi mahasiswa kesehatan menyelenggarakan Nusantara Health Collaborative (NHC) yang sukses dilaksanakan di 10 kota besar di Indonesia.

Selain itu, IYHPS juga memiliki program Exploring and Capturing Mission, suatu misi menangkap potret praktik pelayanan kesehatan di beberapa wilayah di Indonesia. Kami ingin berbagi atas kemampuan yang kami miliki dan berkontribusi bagi masyarakat Indonesia sebagai bentuk upaya kami dalam meningkatkan derajat kesehatan. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat semakin berkembang, meningkatkan kualitas tenaga kesehatan, memberikan manfaat kepada masyarakat, serta memberikan inspirasi kepada dunia kesehatan akan pentingnya pendidikan interprofesional dan kolaborasi dalam pelayanan kesehatan.

 Sumber: website IYHPS
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *