Apindo Sumut Minta Perayaan May Day Berlangsung Tertib

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumatra Utara meminta kepada para buruh agar pada Hari Buruh 1 Mei 2016 perayaan yang dilakukan tetap menjaga situasi dan kondisi kondusif.

Sekretaris Apindo Sumut Laksamana Adyaksa menuturkan dengan menjaga situasi dan kondisi tetap aman, maka para buruh juga mendukung iklim investasi positif bagi Sumut. Adapun, hal ini dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi pada tahun ini.

“Terkait dengan berbagai tuntutan, terutama kenaikan UMP , ya wajar saja. Tapi tetap kan ada mekanisme. Ikuti saja mekanismenya. Keinginan ya boleh-boleh saja,” papar Laksamana, Selasa (26 April 2016).

Lebih lanjut, Laksamana mengingatkan, saat ini situasi pertumbuhan industri di Sumut belum mengalami pemulihan. Pasalnya, dua penghambat utama yakni kekurangan pasokan gas industri dan listrik masih terjadi.

Sebelumnya, Ketua DPD Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Sumut Bambang Hermanto menuturkan, para buruh akan melakukan rangkaian kegiatan menjelang Hari Buruh. Salah satunya, pada Kamis (28 April 2016).

“Pukul 10.00 WIB, kami akan melakukan aksi di Bundaran SIB Jalan Gatot Subroto. Ini masih aksi pemanasan. Kami perkirakan akan diikuti 500 orang buruh dari Medan, Deli Serdang, Langkat, dan Binjai,” papar Bambang.

Adapun, beberapa tuntutan akan dibawa dalam aksi tersebut, di antaranya menolak Peraturan Pemerintah No.78/2015 tentang Penetapan Upah, upah murah, dan penghapusan pekerja kontrak. “Selain itu, kami akan meminta agar jangan ada lagi larangan buruh untuk berserikat,” ucapnya.

Rencana aksi ini diperkirakan membuat lalu lintas padat di Jalan Raden Saleh, Adam Malik dan Gatot Subroto.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *