JAAN: Reklamasi Jakarta Sebabkan Jumlah Elang Makin Kritis

Polemik reklamasi Teluk Jakarta, tak hanya menyita perhatian di ranah politik namun hal ini juga merembet ke persoalan ekosistem. Kondisi ini diungkapkan oleh Ketua Jakarta Animal Aid Network, Benevica. Menurutnya ada perubahan ekosistem elang di Taman Nasional Kepulauan Seribu akibat reklamasi Teluk Jakarta.

Ia mengatakan bahwa reklamasi telah membuat populasi ikan sebagai makanan elang menipis dan berkurangnya jarak jelajah elang di kawasan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu sisi selatan. Akibat hal ini elang pun bermigrasi ke kawasan lain.

“Dari pengamatan kami, habitat elang mulai bergeser dari kawasan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu ke kawasan lainnya,” kata Benevica seperti yang dilansir dari situs tempo.

Menurutnya, saat ini jumlah elang di kawasan Kepulauan Seribu tak lebih dari seratus ekor. Jumlah itu terdiri atas 39 ekor elang jenis bondol, sepuluh ekor elang laut, dan seekor elang kepala abu.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *