APINDO: Buruh Jangan Berpikir Sepihak Jelang May Day

Hari Buruh Internasional akan segera diperingati pada Minggu (1/5/2016) pekan ini, biasanya dengan aksi oleh para buruh dan serikat pekerja.

Menjelang May Day, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengimbau para buruh dan serikat pekerja untuk tak berpikir sepihak.

“Terkait May Day, ke depan ada cara berpikir yang harus diubah. Jangan hanya mau kepentingan sepihak saja, tapi juga kepentingan nasional,” kata Hariyadi di Kantor Bank Indonesia Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Dalam hal ini, Hariyadi menyoroti sektor padat karya Indonesia yang semakin kehilangan daya saing.

Menurut dia, saat ini sektor padat karya banyak yang hilang, padahal sektor itulah yang diperlukan kini.

Pada akhirnya, sektor padat karya saat ini justru malah dinikmati oleh Vietnam.

Industri tekstil Vietnam, yang jelas merupakan sektor padat karya, kini menghasilkan ekspor mencapai 28 miliar dollar AS dengan penduduk yang hanya 60 juta jiwa.

“Kita hanya 14 miliar dollar AS, separuhnya. Ini yang kita harapkan ada paradigma baru,” terang Hariyadi.

Lebih lanjut, Hariyadi mengungkapkan, aksi para buruh dan serikat pekerja dengan segala tuntutannya harus ditinjau ulang.

Ia meminta mereka tak memosisikan pengusaha berlaku tidak adil.

“Jangan memosisikan seolah pengusaha tidak fair mau menekan upah. Ini kenyataan sekarang begitu. Pertumbuhan kita tidak bagus, mencerminkan kualitas income-nya,” ungkap Hariyadi.

Foto dan berita diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *