Jakarta Green Monster: Relawan-relawan Lingkungan Sigap Untuk Jakarta

Jakarta Green Monster adalah komunitas relawan. Komunitas relawan yang peduli pada kawasan pesisir utara Jakarta. Khususnya Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA) dan Suaka Margasatwa Pulau Rambut (SMPR).

Jakarta Green Monster dikelola oleh para relawan dengan diinisiasi oleh Fauna and Flora International (FFI) Indonesia Programme dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta. Jakarta Green Monster, meskipun dideklarasikan 5 Juni 2006, tepat pada Hari Lingkungan Hidup 2006, namun secara hukum, berdasarkan Akta Notaris Rosida Rajagukguk No. 32 Tahun 2006, secara resmi berdiri pada 12 Oktober 2006.

Aktifitas Jakarta Green Monster meliputi pendidikan lingkungan, konservasi dan riset. Beberapa aktifitas rutin Jakarta Green Monster adalah monitoring burung, pemanduan anak sekolah atau masyarakat umum, birdwatching, kampanye lingkungan, inventarisasi keanekaragaman hayati, pembersihan sampah, penanaman kembali, dan lain sebagainya.

Foto diambil dari laman blog Jakarta Green Monster.

Narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *