Rumoh Baca Aneuk Naggroe: Bina Pendidikan Anak-Anak Aceh

Secara bahasa, Rumoh Baca Aneuk Naggroe (RUMAN) Aceh berasal dari bahasa Aceh yang berarti Rumah Membaca Anak Negeri. Ya, RUMAN Aceh berawal dari koleksi 3000 buku juga 1000 majalah dan jurnal yang terhimpun selama 2000-2004.

RUMAN belum mempublikasikan keberadaan pustaka tersebut viaย media sosial, media elektronik maupun media cetak, hanya bermodalkan kabar lisan. Pada fase ini, selain masyarakat sekitar tempat tinggal mereka, koleksi tersebut lebih banyak diakses oleh mahasiswa IAIN Ar-Raniry dari jenjang sarjana hingga program doktoral. Baru pada akhir tahun 2011 keberadaan pustaka tersebut telah mereka publikasi viaย media sosialย (Facebook), media cetak serta media elektronik.

Selain pustaka dan bimbel, RUMAN Aceh juga telah mengadakan beragam kegiatan bagi anak-anak secara cuma-cuma. Sabtu, 22 Juni 2013, RUMAN Aceh mengadakan liburan ceria berisi beragam perlombaan di lapangan kebanggaan warga Banda Aceh, Lapangan Blang Padang.

Narasi diambil dari sumber.

Foto diambil dari sumber.

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *