Yayasan Kesehatan Perempuan-Kelompok Peduli Remaja: Peduli Kondisi Kesehatan Reproduksi Perempuan

Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) adalah lembaga sosial/nirlaba didirikan pada tanggal 19 Juni 2001 di Jakarta oleh para aktivis yang peduli terhadap kondisi kesehatan reproduksi perempuan di Indonesia dengan cara merespon langsung berbagai isu sekitar kesehatan reproduksi dan hak-hak seksualitas perempuan yang saat ini dianggap kontroversial. Dalam perjalanannya selanjutnya, YKP menjalankan strategi yang sistematis difokuskan pada pemenuhan hak-hak kesehatan reproduksi dan seksualitas perempuan yang masih terabaikan. Strategi yang dijalankan ini telah menghasilkan pencapaian dan memberikan hikmah pelajaran (lesson learned) sebagai modal penting untuk penyusunan program dan pelaksanaan kerja YKP selanjutnya.

Visi dari komunitas ini adalah demi terwujudnya generasi muda yang mandiri, bebas dari diskriminasi, sadar akan haknya mendapatkan akses untuk terlibat aktif dalam berbagai aspek pembangunan (ekonomi, sosial dan budaya). Untuk mencapainya, komunitas ini mengupayakan adanya penguatan kapasitas bagi orang muda agar menjadi generasi yang mandiri, mensosialisasikan hak-hak orang muda, mengupayakan terselenggaranya pendidikan seksualitas yang komprehensif, mendorong adalanya layanan Kespro yang tidak diskriminasi pada orang muda, serta meningkatkan peran serta orang muda dalam aspek pembangunan.

Narasi diambil dari sumber.

Foto diambil dari laman Facebook Kelompok Peduli Remaja.

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *