PII SUMUT Jajaki Kerjasama Dengan USU

Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia Sumatera Utara (PII SUMUT) melakukan kunjungan dan audiensi ke Universitas Sumatera Utara (USU) pada Kamis 7/04/2016. Dalam Kunjungan tersebut, pengurus PII SUMUT sekaligus juga menjajaki rencana kerjasama dengan Universitas Sumatera Utara terkait pelaksanaan Program Pembinaan Profesi Insinyur yang akan dilaksanakan di USU. Rombongan pengurus PII disambut langsung oleh Rektor USU Prof. Dr. Runtung, SH, M.Hum diruang kerja Rektor Gedung BPA Kampus USU.

Pada kunjungan itu, PII SUMUT dipimpin oleh Ir. B. Rikson Simarmata, M.SEC-IPM menyinggung beberapa hal penting diantaranya, pelaksanaan Undang-undang No. 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran, pelaksanaan Program Pembinaan Profesi Insinyur (P3I) dan Rancangan Pelaksanaan P31 di USU.

Sementara itu, Rektor USU Prof. Dr. Runtung, SH, M.Hum menyambut dengan baik tentang rencana PII SUMUT yang akan bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara terkait rencana pelaksanaan P3I dimaksud. “Tentunya kami akan sangat senang sekali dan akan mengapresiasi rencana ataupun program yang nantinya diharapkan juga akan mendukung kemajuan kegiatan akademik di Universitas Sumatera Utara” ungkap Prof Runtung.

Turut hadir dalam acara kunjungan tersebut beberapa staf pengajar USU seperti Ir. Nazaruddin, MT yang juga masuk dalam rombongan PII SUMUT. Rencananya, PII SUMUT dalam melaksanakan P3I nanti akan bekerjasama dengan beberapa pihak seperti dunia industri dan Perguruan Tinggi. PII yang berdiri sejak tahun 1952 hingga saat ini telah memiliki keanggotaan dari berbagai kalangan seperti; Akademisi, Praktisi, Profesi Teknik dan Profesi Pertanian.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, bila kedua belah pihak (PII dan USU) telah memiliki kesepakatan yang sama, maka tidak tertutup kemungkinan hasil kunjungan dan audiensi ini akan berlanjut ke tingkat penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) antara USU dan PII.

Sebagaimana dilansir pada www.pii.or.id, selain menjadi pendorong kemandirian bangsa, organisasi PII juga memilki visi misi dan sebagai agen perubahan dalam pembangunan bangsa melalui pengembangan kompetensi profesi keinsinyuran yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Visi PII tersebut tentunya akan diwujudkan melalui misi yaitu “Menjadikan insinyur yang berdaya saing dan memberi nilai tambah yang tinggi bagi kesejahteraan dan kemakmuran bangsa”.

Beberapa kegiatan rutin yang direncanakan akan dilaksanakan oleh PII seperti: Kursus Pembinaan Profesi, Diskusi berkala  & Pengkajian, Seminar & Workshop, Training Kompetensi dan Sertifikasi Profesi.

Foto dan berita diambil dari sumber.

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *