Lettering Malang; Belajar Menulis Typography

Banyaknya komunitas menulis typhography seperti Lettering Malang banyak berkembang di berbagai kota. Semua itu berawal dari komunitas Kaligrafina yang berdiri pada Agustus 2014 silam. Kemudian baru muncul ‘Belajar Menulis’ yang disingkat Belmen.

Belmen yang berawal dari obrolan santai empat pendirinya ternyata disambut positif hingga berkembang di banyak kota di Indonesia. Bahkan uniknya, penggagasnya adalah Hendry Juanda, Nanda, Nduk dan Kiko yang sebelumnya belum pernah bertemu.

Mereka awali dengan membuat grup Whatsapp yang memiliki hobi dan minat yang sama dalam lettering, kaligrafi dan tipografi. Mencari satu persatu para pecinta seni untuk belajar bersama melalui sebuah komunitas yang dilakukan dengan hashtag di Instagram. Kemudian mengundang mereka ke grup Whatsapp. Ternyata, di setiap kota pun memiliki banyak peminatnya.

Dari situ lah, muncul nama Belmen Yogya, Belmen Solo, maupun Typography Makassar, Bandung Menulis, Lettering Malang, dan lain-lain.Komunitas ini sering mengadakan gathering yang bernama pen meetup. Siapa saja yang bole hadir? Siapa pun yang memiliki minat dan kemauan belajar lettering mulai dari yang pemula hingga yang expert untuk menularkan ilmunya bagi yang masih memulai belajar.

Lettering Malang sering berkolaborasi dan diminta untuk menuliskan typography untuk acara tertentu bahkan kafe yang akan launching. Jadi cukup banyak kafe Malang yang dihiasi oleh typography dan bisa jadi yang membuat tersebut adalah anggota dari komunitas ini.

Selain itu, Lettering Malang sering mengadakan acara workshop atau pelatihan menulis typography yang juga bekerja sama dengan kaligafiina di Malang. Bagi Anda yang ingin mengikuti pen meetup atau acara-acara workshop yang mereka selenggarakan, Anda bisa mengikuti akun media sosial komunitas ini di Instagram dengan username @letteringmalang.

Bila Anda ingin tahu karya-karya typhography atau kaligrafi dari anak muda di Malang, Anda bisa langsung melihatnya menggunakan hashtag #letteringmalang di media sosial Instagram Anda, Anda pun juga bisa menulis lettering Anda dengan hashtag tersebut, lho!

Sumber: ngalam.co

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave your comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *