3 Cara Jitu Dapatkan Tubuh Ideal Dalam 3 Bulan

Tubuh ideal sebenarnya bukan hal yang susah untuk diwujudkan. “Asal Anda melakukan latihan yang tepat, memiliki komitmen, berdisiplin, dan cukup istirahat, guratan sixpack yang tegas di perut bisa diraih hanya dalam waktu tiga bulan,” ujar founder Indobarian, Verdy Bhawanta. Caranya? Pentolan komunitas penggiat calesthenic terbesar di Indonesia ini membeberkan beberapa rahasianya dan cara memanfaatkannya.

  • PUSHUP. Gerakan latihan ini melatih hampir seluruh otot-otot yang ada di tubuh Anda. Pushup merupakan latihan yang cocok untuk dilakukan baik oleh pemula ataupun yang sudah terbiasa. Mengapa? Karena gerakan latihan ini bisa dimodifikasi sesuai dengan tingkat kemampuan. “Mengingat manfaat pushup yang holistik dalam melatih otot-otot di seluruh tubuh, sangat penting untuk melakukan gerakan latihan ini secara benar,” kata Verdy. Cara melakukannya: Posisikan tubuh Anda dengan benar, membentuk formasi garis lurus dari engkel hingga kepala. Turunkan tubuh Anda hingga dada hampir menyentuh lantai secara perlahan dan pasti. Tahan posisi tubuh saat mencapai posisi terendah untuk sesaat, lalu gunakan momentum tersebut untuk mengangkat tubuh dengan menggunakan otot-otot dada serta otot trisep.   Setelah Anda terbiasa, lakukan modifikasi gerakan dengan diamond pushup. Ini seperti pushup standar, namun posisi telapak tangan kanan dan kiri dirapatkan dengan jari telunjuk serta jempol membentuk segitiga.
  • PULLUP. Ini adalah gerakan latihan yang aman. Namun bukan berarti pullup dan berbagai variasinya bebas 100 persen dari kemungkinan cedera. Cara melakukannya: Menggantung di palang pullup dengan teknik pegangan overhand. Pastikan tubuh membentuk formasi garis lurus dari tangan yang berada di atas hingga kaki yang berada di bawah. Pasang bukaan tangan selebar bahu. Tarik dada menuju palang hingga dagu Anda melewati palang. Kemudian turunkan kembali badan Anda hingga lengan benar-benar lurus.
  • CHINUP. Gerakan latihan ini sama dengan pullup. Hanya saja teknik pegangan yang digunakan adalah underhand.

Petunjuk latihan: Lakukan tiga gerakan latihan di atas minimal 3 set dengan 5 repetisi di minggu pertama. Di minggu berikutnya, tambahkan 5 repetisi untuk tiap set gerakan latihan yang ada. Lakukan hal yang sama di minggu berikutnya dan seterusnya.

Sumber: website Men’s Health

FOTO: DOK. Akun Instagram miamifitstyle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *