Kartini’s Day Community Rayakan Hari Kartini Di Panti Jompo Tresna Werda Pakatto

Ada banyak cara untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April tiap tahunnya. Mungkin ada yang membagi-bagikan bunga, ada yang seminar, dan berbagai aktifitas lainnya. Namun perayaan yang dilakukan oleh salah satu komunitas Hari Kartini bernama Kartini’s Day Community yang terbentuk sejak tiga tahun lalu ini punya cara tersendiri.

Komunitas ini hanya punya aktifitas pada hari Kartini saja dan fokus ke kegiatan kegiatan sosial saja. Pada tahun sebelumnya telah sukses menghelat kegiatan sosial di panti Jompo Tresna Werda Pakatto dan pada tahun ini pengurus komunitas tersebut mengundang 125 orang anak panti asuhan dari beberapa panti asuhan di kota Makassar.

Komunitas yang dirintis oleh Fiza Rasyid Ali ini mengundang anak panti tersebut ke salah satu restoran cepat saji di Jalan DR Sam Rratulangi untuk merayakan Hari Kartini bersama dengan para anggota KDC yang berasal dari berbagai latar belakang profesi. Ada yang profesinya dokter, pengusaha, arsitek, MC, penyiar, aktifis dan berbagai jenis profesi lainnya.

Di lokasi acara terdapat beberapa rangkaian acara seperti menyanyikan lagu Kartini, ada game, dace hingga poco poco dengan berpakaian kebaya. Selain itu juga ada pembagian paket dan pelepasan balon cita cita ke udara.

Koordinator Kartini’s Day Community, Fiza Rasyid Ali menjelaskan acara yang diselenggarakan tersebut adalah salah satu cara untuk mengenang jasa-jasa RA Kartini. Olehnya itu kami dari ibu ibu yang berasal dari lintas profesi mengundang ratusan anak panti asuhan dengan harapan bisa memberika pemahaman kepada anak anak panti tentang pahlawa Nasional yang satu ini.

Di samping itu juga mengundang anak anak panti bisa merayakan hari Kartini juga dengan meriah. Bahkan kami juga memberikan paket pakaian, makanan dan juga uang tunai kepada masing-masing panti asuhan yang diundang. Semoga apa yang kami berikan bisa meringankan beban atau kebutuhan anak anak panti.

Dan yang paling terunik dari rangkaian acara Kartini’s Day Community ini adalah ketika anak anak panti disuruh menempelkan cita cita mereka di balon udara lalu diterbangkan. Ada banyak cita cita mereka ditempel pada balon tersebut. Ada yang bercitacita menjadi dokter, tentara, polisi, pilot, guru, bahkan ada yang bercita cita ingin menjadi seorang wartawan hebat.

Ini menandakan bahwa anak anak panti asuhan juga punya mimpi dan cita cita yang gemilang di masa mendatang.

“Harapan kami agar anak anak panti asuhan bisa menggapai mimpi mimpinya juga. Selain itu kita undang merayakan hari Karji secara bersama sama agar anak panti bisa mengenang jasa RA Kartini,” kata Fiza.

Sumber: Makassar Terkini

FOTO: DOK. Suriani Echal

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *