Sebangsa Gelar PENTAS KOMUNITAS, Ajang Unjuk Aksi dan Kreativitas Komunitas

Jakarta, 28 Mei 2016 – SEBANGSA, platform media sosial Indonesia dan Komunita.ID, media sosial lintas komunitas Indonesia, bersama dengan Hari Komunitas Nasional mengadakan PENTAS KOMUNITAS, bertempat di BINUS University International, Fx, Jakarta. Acara kali ini masih bagian dari rangkaian acara gerakan Bangkit Komunitas 2016 dan mendapat dukungan penuh dari BUKALAPAK serta didukung pula oleh Telkom Indonesia, Astra Internasional, Nutrifood, Aqua Danone, Nestle, Blue Bird dan Tempo Scan Pacific.

Acara dibuka oleh Indira B. Widjonarko selaku Founder & Chairwoman SEBANGSA dan KOMUNITA.ID, yang dalam kesempatan itu menyampaikan laporan terkini statistik KOMUNITA.ID sebagai situs media lintas komunitas Indonesia. Situs KOMUNITA.ID menghadirkan informasi komunitas secara lengkap. Mulai dari direktori komunitas, liputan kegiatan, profil komunitas, profil penggagas komunitas, hingga tips ala komunitas.

“Salah satu yang juga menjadi alasan dibuatnya KOMUNITA.ID adalah untuk mendukung semangat para penggiat komunitas dan relawan yang berjuang tanpa kenal lelah demi kepentingan orang-orang yang membutuhkan. Kehadiran KOMUNITA.ID diharapkan bisa menjadi sarana komunikasi lintas komunitas untuk menyebarkan informasi penting secara viral. Seperti info kebutuhan transfusi darah atau donasi pasien anak pengidap kanker, sehingga pada akhirnya kita dapat memberi harapan dan manfaat bagi banyak orang,” ungkap Indira.

Saat ini komunitas yang terdaftar dalam KOMUNITA.ID jumlahnya mencapai 2.000 komunitas. Oleh sebab itu, situs ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi komunitas yang berguna terutama untuk mereka yang memiliki minat untuk berkomunitas. Di 2016, sambung Indira, Sebangsa memfokuskan diri sebagai media sosialnya komunitas Indonesia. Komitmen Sebangsa untuk membangun komunitas Indonesia ditandai dengan menginisiasi gerakan Bangkit Komunitas 2016. Sebangsa sosial medianya komunitas Indonesia.

Sementara itu, Enda Nasution, Founder & CEO SEBANGSA dalam kesempatan yang sama turut menyampaikan laporan perkembangan pembuatan modul komunitas. “Setelah melakukan workshop dengan beberapa perwakilan anggota Kamar Penasihat Komunitas beberapa waktu lalu, saat ini modul panduan berkomunitas baru saja rampung proses pembuatannya. Dengan demikian, ke depannya siapa pun yang ingin berkomunitas tak lagi bingung, karena panduannya telah tersedia,” jelas Enda.

Tak hanya lewat modul, para peserta KOPDAR disuguhkan ilmu yang tak kalah bermanfaat melalui talkshow bertema “The Power of Social Movement” yang menghadirkan para pendiri komunitas sekaligus penggagas gerakan sosial yang inspiratif , yaitu Vande Leonardo (Founder komunitas Sobat Budaya), Fajar Surya (Founder komunitas Untuk Papua), dan Yeni Dewi Mulyaningsih (Founder Komunitas Taufan). Ketiga narasumber ini berbagi pengalaman dalam memulai sebuah gerakan sosial dan jatuh bangun membesarkan komunitasnya.

Dalam kesempatan yang sama Indira berujar, “Sebangsa sendiri memiliki misi mendukung gerakan sosial berbagi dan membangun yang fokus tujuannya membantu kolaborasi antarkomunitas dengan menyediakan sarana sosial media yang menjadi tempat komunikasi lintas komunitas seluruh Indonesia.”

Selain itu, talkshow lainnya juga sukses dihelat dengan tajuk “Generasi Hijau Sebangsa” yang juga menghadirkan para pendiri komunitas dengan fokus kegiatan peduli lingkungan hidup, yaitu Oke Fifiabriany (Ketau Umum KOPHI), Ranitya Nurlita (Founder ASEAN Youth Reusable Bags Campaign), dan Besar Hariyadi (Founder KeMANGTEER). Ketiganya membagi pengalaman dalam menggagas sebuah gerakan dan aksi yang berhubungan dengan lingkungan hidup.

Acara yang juga tak kalah seru adalah penampilan dari komunitas dalam “Aksi 7 Menit”, antara lain Music Box Jakarta, Rumah Pijar, Youth for Climate Change, H;DUP, Komunitas Taufan, Fakta Bahasa Bekasi, Sobat Budaya, KOPPAJA Bekasi, BEKASI Simfoni Orkestra, Popcorn Cinema Club, Stand Up UIN, Kampung Dongeng Jakarta Pusat.

Tak ketinggalan, ada pula komunitas yang turut serta memeriahkan “Pameran Komunitas”, antara lain Pemberdaya Muda, Simfoni Biru, Koppaja Bekasi, Edan Sepur, Life for Edu, Komunitas Internet Sahabat Anak, Komunitas Taufan, ASEAN Youth Organization Indonesia, Detectives ID, Youth for Climate Change dan Komunitas Bukalapak.

“Acara PENTAS KOMUNITAS ini selain bertujuan memberi ruang bagi komunitas berekspresi dan unjuk gigi, juga sekaligus membakar semangat kolaborasi antarkomunitas serta menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bergerak dan berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak,” imbuh Indira. Hal tersebut diamini oleh Enda, ia pun menambahkan, “Kami berharap ke depannya juga akan bermunculan komunitas yang lebih beragam namun tetap bersatu dan berbuat yang terbaik bagi Indonesia.”

Kunjungi SEBANGSA dan KOMUNITA.ID untuk mendapatkan informasi terkini tentang Komunitas-Komunitas di Indonesia dan nantikan terus kabar terbaru tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh gerakan Bangkit Komunitas 2016.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *