PAGUYUBAN PENGGUNA BLANKON MALANG; Aktif Melakukan Kegiatan Luring Maupun Daring

Komunitas “Paguyuban Pengguna BlankOn Malang” atau lebih familiar disingkat PPBM adalah sebuah komunitas yang anggotanya terdiri dari para Pengguna Sistem Operasi BlankOn Linux, awal terbentuknya komunitas ini pada tanggal 31 Juli 2011 dan dicanangkan di tempat kopdar (kopi darat) di dekat Candi Jago kecamatan Tumpang, Malang.

Tujuan komunitas ini adalah menghimpun dan sebagai tempat berbagi ilmu pengetahuan dari anggota ke anggota yang lain dalam bidang Linux, khususnya Linux BlankOn. Badan hukum komunitas ini dibawah Yayasan Pengguna Linux Indonesia atau YPLI dikarenakan komunitas ini adalah cabang Komuntitas BlankOn Linux.

Komunitas ini memiliki visi untuk membangun ekosistem IT di malang yang solid dan progressif dalam bidang open source dan linux terutama linux BlankOn, yang akan diwujudkan memlaui misi membangun dan mencerdaskan bangsa indonesia untuk masa depan yang lebih maju.

Kegiatan-kegiatan seru yang sering dilakukan oleh Komunitas PPBM diantaranya kopdar alias kopi darat yang merupakan kegiatan pertemuan secara ofline/luring diadakan setiap bulan sekali, tempat bergiliran., dan ada juga temu online/daring yang merupakan kegiatan pertemuan secara online/daring didakan setiap satu minggu sekali di irc. Selain kegiatan luring dan daring, ada juga jagongan yang merupakan kegiatan diskusi yang membahas perkembangan tentang IT.

Komunitas yang sudah berdiri lebih dari 5 tahun tersebut pernah meraih penghargaan sebagai salah satu finalis dalam kategori komunitas yang aktif dalam dukungan teknis pada proses migrasi maupun sosialisasi penggunaan perangkat lunak sumber terbuka di lingkungannya.

Sumber: Halo Malang

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *