Komunitas 1000 Guru Medan; Bantu Anak-anak Pedalaman Sambil Jalan-Jalan

Komunitas 1000 Guru adalah komunitas traveler peduli pendidik dan anak-anak pedalaman. Adapun kegiatan dari 1000 Guru yaitu melakukan TnT (Traveling and Teaching), Beasiswa Guru Pedalaman, Kampanye Hormati Gurumu, serta kegiatan sosial lainnya.

Traveling and Teaching itu apa? Seperti dikutip dari seribuguru.org bahwa kegiatan TnT yaitu jalan ke tempat-tempat menarik dipelosok nusantara sambil mengajar dan berbagi dengan anak-anak pedalaman. Mengajak semua kalangan anak muda dari berbagai latar belakang profesi untuk mengunjungi tempat-tempat yang indah dan unik tentang negeri ini, budaya dan adat istiadat leluhur disertai dengan kegiatan sosial berbai dan mengajar di tempat-tempat yang di kunjungi, berbagi ilmu pengetahuan dengan anak-anak pedalaman dan perbatasan.

Beasiswa Guru Pedalaman, 1000 Guru berkomitmen untuk membantu kualitas pendidikan untuk anak-anak dipedalaman melalui beasiswa untuk guru-guru lokal yang berdedikasi tinggi namun hanya lulusan SMA dan Sederajat. Mereka adalah tombak perubahan yang akan mengentaskan kebodohan dan kemiskinan masyarakat pedalaman negeri melalui pendidikan. Rata-rata guru guru ini hanya bergaji rendah, akibatnya mereka tak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan keguruan. Dengan ijazah SMA dan Sederajat, maka kesejahteraan mereka pun tidak akan berubah, tetap menjadi guru honor.

Dengan Beasiswa ini, akan menjawab kebutuhan guru tetap yang terus mengajar tanpa harus pergi meninggalkan sekolah setelah masa tugas sang guru berakhir, kenapa? karena kami memberikan beasiswa kepada guru-guru dan anak-anak lokal, yang berasal dari daerah tersebut.

Untuk kali pertama, 1000 Guru Medan mengadakan kopdar di Kopibaba Kesawan Medan, antusias dari para anak muda Medan tampak begitu nyata karena dalam pertemuan singkat yang diadakan 28 Februari 2015 cukup membuat padat tempat pertemuan. Hal tersebut yang menjadikan indikator awal kesuksesan komunitas ini dalam hal mengajak anak Medan untuk peduli pendidik dan anak pedalaman dalam hal pendidikannya.

Komunitas Medan yang seru itu tentunya terbuka bagi siapa saja anak muda Medan yang memang ingin bergabung didalamnya. Baik itu menjadi volunteer disetiap kegiatan TnT dan lainnya. Mengenai syarat bergabung menjadi volunter cukup terbilang mudah. Bisa menghubungi Alamat: Jl. Nilam Raya No. 137P Simalingkar – Medan HP: 085206402181. Yang selanjutnya akan dibentuk kepengurusan untuk regional Medan.

Ternyata, Komunitas 1000 Guru adalah bermula dari akun twitter inspirasi bagi pendidikan pedalaman dan perbatasan negeri ini. Dibentuk pada 22 Agustus 2012 oleh Jemi Ngadiono, pada awalnya 1000 Guru adalah akun inspirasi dengan memberitakan keadaan realita pendidikan di pedalaman pelosok negeri melalui media sosial, namun kini berkembang dengan melakukan aksi sosial nyata dengan turun langsung membantu pendidikan anak-anak pedalaman negeri.

Seru kan? Tunggu apa lagi! Bergabunglah bersama 1000 Guru Medan dan mari memulai perjalananmu, membantu dan mengajar mereka, anak-anak serta guru guru pedalaman di perbatasan bangsa ini.

Komunitas 1000 Guru Medan!  “Peduli Pendidik dan Anak di Perbatasan dan Pedalaman.”

Sumber: Cerita Medan

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *