Cara Mendongeng Yang Efektif Ala Komunitas Dakocan

Komunitas Dongeng Dakocan di Lampung mengajari cara mendongeng yang efektif sebagai salah satu media untuk menanamkan nilai kepada anak sehingga memerlukan pemahaman yang tepat agar orang tua dapat mendongeng dengan baik.

Iin selaku Koordinator Kreatif Komunitas Dongeng Dakocan memberikan tips dongeng yang baik, diantaranya;

  • Pilihlah cerita seperti apa yang pantas diberikan bagi anak, tergantung dengan rentang usia anak. Semakin rendah usia, semakin simpel cerita yang diberikan. Orang tua dapat memilih dari banyak cerita yang ada.
  • Bagi anak dengan rentang usia 2-7 tahun anak masih dalam tahap pra-operasional konkret, sehingga perlu dipilih cerita dengan contoh nyata, seperti bagaimana memakai sepatu kiri-kanan.
  • Untuk anak usia SD, berada di tahap operasional konkret, sehingga cerita abstrak seperti Malin Kundang sudah bisa diberikan pada tahapan ini.
  • Sedangkan untuk anak usia SMP lebih pada cerita inspirasi, cerita tentang tokoh seperti Einstein dan begitu seterusnya, katanya.
  • Buatlah gimik, yaitu teknik muncul atau awal bercerita yang juga penting untuk membangun ketertarikan anak agar larut dalam cerita.

    Menurut Iin, selama hampir 15 tahun Dakocan berdiri, salah satu permasalahan yang kerap ditanyakan adalah mencari dan memilih cerita. Dia menuturkan, banyak orang tua dan guru yang bingung mencari cerita. Karena itu, dalam workshop ini juga dijadikan momen bagi Dakocan memperkenalkan website yang berisi konten-konten cerita dengan alamat: www.dakocan.org.

Sumber: Antara News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *