8 Komunitas Remaja Sosialisasikan Bahaya Rokok

Delapan komunitas pelajar dan mahasiswa di DIY mengkampanyekan Hari Tanpa Tembakau Sedunia dalam acara Jogja ‘Punya Warna: Run and Change Your Color’, Sabtu (04/06/2016). Bersama-sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY komunitas tersebut mengkampanyekan bahaya merokok.

Delapan komunitas itu, antara lain Coin a Change (CAC), 9cm, Muhammadiyah Tobacco Center (MMTC), GANA (Gerakan Anti Narkoba Amikom), Young on Top (YoT) Yogyakarta, Drone Pilot Yogyakarta, Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) Yogyakarta, hingga Forum Anak Kota (FAKTA).
Ada banyak hal yang dilakukan para remaja yang tergabung dalam komunitas-komunitas tersebut dalam menyuarakan kepedulian mereka terhadap bahaya merokok. Salah satunya adalah komunitas 9cm (9lobal Cigarattes Movement) yang memfokuskan kegiatannya untuk sosialisasi dan aksi tentang isu-isu seputar rokok.

“Kami melaksanakan sosialisasi ke sekolah-sekolah lewat program Sekolah Berdasi. Selain itu, ada juga aksi menukar rokok dengan susu yang sempat dilakukan di pasar Sunmor UGM,” terang Wira Setya Dharma selaku Ketua Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunitas 9cm yang juga merupakan mahasiswa jurusan psikologi UII semester 6 itu.

Menurutnya, anak muda sekarang adalah target industri rokok. Setidaknya kesadaran soal itu juga yang mendasari komunitas-komunitas untuk bergerak aktif dalam memberikan sosialisasi ataupun aksi untuk mengkampanyekan tentang bahaya merokok. Dukungan terhadap kegiatan para remaja ini juga sangat diharapkan oleh Yayi Suryo Prabandri, Ketua Quit Tobacco Indonesia dari Fakultas Kedokteran UGM yang mengatakan, ajakan dari remaja untuk remaja, pasti akan lebih didengar.

 

Sumber: KRJogja.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *