Bandung Street Workout Addict; giat mengampanyekan pola hidup sehat

Rutinitas kegiatan sehari-hari yang padat membuat orang lupa dengan olahraga. Akibatnya badan menjadi cepat lemas, dan mudah terserang penyakit. Di tengah padatnya aktivitas masyarakat urban perkotaan, olahraga tetap menjadi salah satu aktivitas yang harus dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Adalah Bartstard (Bandung Street Workout Addict) salah satu komunitas olahraga yang sedang hits di Bandung. Komunitas ini terbentuk pada Oktober 2013 oleh sekelompok anak muda Bandung yang ingin mengampanyekan pola hidup sehat dengan olahraga street workout.

Komunitas ini mengadopsi metode calisthenics dalam melakukan aktivitasnya. Secara umum, calisthenics merupakan sebuah metode latihan beban dengan menggunakan bobot badan sendiri.

“Latihan ini sendiri berfungsi untuk pembentukan otot maupun pembakaran lemak. Contoh gerakan latihan calisthenics yang mudah dilakukan seperti push up, sit up, pull up, chin-up, squat dan beragam gerakan lainnya,” ujar Ilham Pratama, salah seorang Leader Barstrad Bandung saat ditemui di Lapangan Saparua, Selasa (3/11).

Untuk teknis latihan, kata Ilham, dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok khusus orang-orang yang ingin menurunkan lemak tubuh, kemudian kelompok lainnya ingin menambah massa otot dan kelompok wanita (ladies).

“Jadi latihannya dipisah dan porsi latihannya pun berbeda beda . Untuk yang ingin menurunkan lemak kita banyak latihan kardio. Sementara orang-orang yang mau naikin massa otot yang dia basicnya kurus ingin massa ototnya nambah eksekusinya di bar. Untuk wanita kita latihannya interval seperti kardio,” kata Ilham.

Menurut Ilham, metode latihan calisthenics sendiri tak melulu untuk membentuk massa otot ataupun menurunkan lemak. Lebih dari itu untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya berolahraga.

Terlebih saat ini, kata dia, masyarakat di perkotaan telah disibukkan dengan beragam aktivitasnya. Sehingga menyisihkan waktu untuk berolahraga terasa sulit sekali.

“Intinya melalui olahraga ini membuat badan sehat dan bugar. Selebihnya seperti badan berotot atau berat badan ideal itu bonus. Goal-nya ingin mengajak masyarakat untuk berolahraga,”ucap pria berkacamata ini.

Tak hanya itu komunitas ini juga sering diundang dalam acara workshop ke sekolah dan kampus-kampus. Mereka memberikan edukasi dan pengenalan mengenai olahraga street workout.

“Bahwa untuk membuat badan bugar itu tidak selalu harus ke tempat fitness. Tapi juga dapat dilakukan dengan gerakan calisthenics tadi. Gerakan yang dapat dengan mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja,” katanya.

Jumlah anggota Barstad saat ini ada lebih dari 700 orang dengan jumlah member aktif sebanyak 250 orang. Mereka datang dari berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja. “Di sini kita beragam kalangan. Dari anak sampai paling tua 68 tahun juga ikut gabung,” ucap Ilham.

Jika Anda tertarik bergabung dengan komunitas silakan datang saja langsung ke Lapangan Saparua (bar arena). Mereka latihan setiap hari di sana dari Senin – Jumat pukul 17.30 20.00 WIB. Sementara untuk Sabtu & Minggu pukul 08.00 -10.00 WIB. Dalam latihan ini siapapun bisa bergabung tanpa pungutan biaya apapun.

Jika anda masih penasaran dengan komunitas ini pantau saja kegiatan mereka di media sosial. Mereka biasa memposting kegiatan mereka di media sosial. Untuk akun Twitter @BarstardBDG dan Instagram @BarstardBDG.

Sumber: Merdeka Bandung

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *