Granica Gelar Aksi Donasi Darah Bertajuk “Give Blood Today”

Granica sebagai salah satu organisasi pencinta alam (OPA) menggelar donor darah bertemakan “Give Blood Today”. Menilik beberapa kasus seperti kecelakaan dan proses melahirkan merupakan beberapa penyebab seseorang mengalami kekurangan darah akibat pendarahan hebat. Kegiatan diadakan di Kedai Ketan 90’S, Situbondo, Sabtu, 21 Mei 2016.

“Darah merupakan salah satu komponen paling penting yang ada dalam tubuh, mengingat fungsinya sebagai alat transportasi. Kekurangan darah di dalam tubuh dapat memacu sejumlah penyakit dimulai dari anemia, hipotensi, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya,” papar Dony Kusumah salah satu member Granica.

Kondisi ini tentu menuntut instansi yang terkait, seperti PMI dan rumah sakit, untuk selalu memiliki persediaan darah yang mencukupi.

“Ironisnya tak jarang kita temukan kasus kurangnya kantong darah  di  rumah  sakit  sementara  kebutuhan  akan  darah  terus  meningkat, oleh karena itu kami menggelar kegiatan donor darah ini sekaligus memperingati hari kebangkitan Nasional,” lanjut Dony.

Tercatat lebih dari 40 orang calon pendonor dari berbagai komunitas, diantaranya Backpaker Situbondo, FKPA Situbondo, Himapali – Unars, Mahasmapala – STKIP Situbondo, Slanker’s Situbondo, Ganesha – SMAN 1 Situbondo, dan Kompasaji – SMK Negeri 1 Panji, turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Setelah mengisi daftar hadir dan chek tekanan darah dsb, dari sekian 40 orang calon pendonor hanya 26 orang yang lolos uji emisi alias uji kesehatan,” hitung Dony yang bisa dihubungi lewat kontak 5C6C5185.

Kegiatan yang langsung dinahkodai oleh Ketua Umum Granica, saudara Arief Bastian Z, tak urung membuat banyak kedai-kedai di Situbondo yang ingin bekerjasama menggelar kegiatan serupa. Kegiatan yang unik tersebut berhasil membuat peserta antusias mengikuti.

“Kegiatan positif seperti ini harus dilaksanakan secara rutin 3 bulan sekali dan kedepannya semakin banyak pendonor yang turut berpartisipasi,” harap Anggi salah satu peserta kegiatan yang termasuk di jajaran 10 pendonor pertama yang berhak mendapat free ice fresh milk langsung dari kedai Ketan 90’S.

 “Semoga kegiatan ini mendapatkan berkah, Aamiin,” do’a Dony mewakili suara rekan-rekannya.
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *