Jelang Puasa Komunitas Kawan Laut Setokok Bersihkan Pantai

Laut merupakan tempat mencari rezekinya nelayan, semakin berkembangnya pembangunan dan jumlah penduduk pencermaraan lautpun tak dapat terelakkan. Untuk itu hadirnya Komunitas Kawan Laut mencoba memberikan kontribusi untuk membantu mengatasi hal tersebut, terkhusus akan sampah semakin bertambah jumlah penduduk yang tinggal dipinggiran laut/pulau maka jumlah sampah juga meningkat. Jika tidak diatasi dengan benar maka sampah akan menjadi pemyumbang pencemaran laut.

Pencemaran tersebut dapat berdampak pada berlangsungnya kehidupan dalam air. Tidak hanya untuk ikan yang ada di dalamnya, namun juga untuk makhluk hidup lainnya misalnya manusia yang mengkonsumsi ikan yang berada di wilayah yang terkena pencemaran lingkungan. Kedepan Komunitas Kawan Lawan Laut tidak hanya berkontribusi akan kepedulian akan laut, hanya menangani sampah dengan kegiatan Goro, namun kedepan berupayah menanganinya dengan kegiatan edukasi ke masyarakat mengenai penanganan sampah, seperti pemerdayaan ekonomi kreatif masyarakat dengan memanfaatkan sampah yakni Bank Sampah. Kawan Laut juga berupaya memanfaat potensi hasil laut,  sebagai pembelajaran  dan pergerakan perekonomian  untuk generasi remaja-muda.

Pada kegiatan tersebut Komunitas yang didirikan Zahrin Rahmat Ketua Bidang Maritim dan Kelautan DPD KNPI-KEPRI bersama Aktivis peduli akan lingkungan Diana Ng, Limawan, Toni dan kawan-kawan. Telah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terutama Lurah Pulau Setokok Pak Agus Syofian, RW/RT setempat, Kepala Sekolah MTs Al-Marhamah beserta Siswa/si. Kegiatan tersebut mendapat juga mendapatkan DPD KNPI-KPERI dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam juga ikut memberikan dukungan dengan mengatar Lori dan Kantong Sampah pada kegiatan tersebut, kami Ketua Komunitas Toni mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah ikut mendukung kegiatan pertama yang kami laksanakan ini. Pada Kesempatan itu Lurah Setokok juga menyampaikan dukungan akan keberadan Komunitas Kawan di Pulau Setokok, kemudian beliau berharap agar Komunitas itu menjadi penggerak kegiatan serupa setiap bulannya.

Sumber: Terkini News

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *