Koalisi Obat Murah: Advokasi Atasi Monopoli Obat

Obat Murah adalah Hak Asasi Manusia

Sejak tahun 2000an, kompetisi obat generik telah menurunkan harga lini satu obat HIV/AIDS di seluruh dunia hampir 99% dari harga lebih dari $10.000 hingga hanya kurang lebih $100 per orang per tahun. Hal ini menghasilkan revolusi global terhadap pengobatan HIV/AIDS, dengan adanya progam kesehatan public dan donor-donor untuk memberikan pengobatan terhadap lebih dari 6 juta jiwa di dunia.

Namun meski demikian, hal ini tidaklah berhenti sampai di sini saja, harga obat yang tinggi berlanjut terhadap terbatasnya akses pada obat HIV/AIDS untuk lini dua dan tiga, seperti halnya kanker, penyakit jantung dan obat penyakit lainnya yang mahal.

Begitu banyaknya inovasi dalam pengobatan membuatnya tidak mudah di akses oleh banyak orang terutama bagi masyarakat negara-negara berkembang karena menjadikannya begitu mahal dan hal ini terkait dengan paten obat serta monopoli obat. Dengan melakukan advokasi untuk mengatasi paten dan monopoli obat salah satunya melalui kompetisi obat generik serta dengan adanya kebijakan publik yang lebih baik untuk dapat meningkatkan akses terhadap obat dan menyelamatkan lebih banyak lagi jiwa.

 

Sumber: Koalisi Obat Murah

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *