Ramaikan HUT ke-61 Dengan Beragam Kegiatan, IAI Bantu PMI Melalui Donor Darah

Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), maka telah diadakan berbagai kegiatan di antaranya Zumba dan donor darah di depan Mc Donalds, kawasan Megamas, Manado, Sabtu (18/6).

Dengan menggandeng Tribun Manado sebagai media patner, pihak IAI bekerjasama dengan PMI Manado mengajak masyarakat untuk mendonorkan darah demi kemanusiaan.

Setelah Zumba bersama pihak IAI bekerjasama dengan PMI mengajak masyarakat yang ingin mendonorkan darah, untuk berdonor bersama. Hal ini dimaksudkan karena persediaan darah di PMI Manado masih kurang.

Dra Adeanne C Wullur MKes Apt, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulut mengatakan, pihaknya mendapat informasi persediaan darah di PMI Manado kurang. Bahkan, khusus stok darah O dan B saat ini di PMI masih kosong.

Kegiatan donor darah pun berhasil mengumpulkan darah A sebanyak 73 kantong, darah B kosong, darah 0 kosong dan darah AB 23 kantong.

Adeanne mengatakan, menyadari di daerah ini terjadi kekurangan darah, maka di HUT IAI mereka melakukan kegiatan donor darah di beberapa kabupaten, antara lain Minahasa Utara Kota Bitung, Bolaang Mongondow, Kota Manado dan Minahasa Selatan.

“Seluruh pengurus IAI di kabupaten/kota mengadakan donor darah dan semua Apoteker di kabupaten/kota diimbau untuk menggelar tugas ini guna melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang farmasi, ” ujar Adeanne.

Di Sulawesi Utara pemakaian darah rata per bulan 2000 kantong dan kebutuhan pemakaian darah setiap hari 80 samapai 90 Kantong.

“Kami mengajak semua masyarakat untuk berpartisipasi kepada sesama yang membutuhkan darah. Jadi kami menggalang masyarakat untuk membantu sesama melalui donor darah baik dengan cara sukarela maupun donor pengganti, ” kata dr Enrico Rawung MARS, Wakil Ketua PMI Sulut Bidang Donor Darah.

Kegiatan lain yang diadakan IAI antara lain, pengobatan gratis, penyuluhan cara hidup bersih yang diadakan di beberapa sekolah di Kota Manado, pemeriksaan mata sekaligus pemberian kacamata bagi yang memiliki gangguan mata, pemeriksaan kolesterol, gula dan asam urat.

Selain itu, IAI Sulut juga mengagendakan program bakti sosial di seluruh cabang Apoteker yang sudah dimulai sejak 10 Juni lalu. IAI Sulut juga mengagendakan program bakti sosial di seluruh cabang apoteker yang ada sudah dimulai sejak tanggal 10 Juni.

Sumber: Tribunnews Manado

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *