Pelajari 20 Tips Singkat Untuk Fotografer Pemula (Part 2)

Sourabaya In Frame adalah komunitas penggemar fotografi di Surabaya. Dimulai dari sebuah grup di Facebook yang dibentuk pada tanggal 15 Juli 2012, kini komunitas ini telah menjadi wadah bagi arek2 Suroboyo berkumpul untuk saling berbagi pengalaman dan ilmu di bidang fotografi.

Tanpa memandang usia, latar belakang, merek maupun jenis gear yang kamu pakai, jika kamu memang menyukai fotografi dan menginginkan sesuatu yang berbeda, ayo segera bergabung. Karena di sini, kamu bakal menemukan banyak teman dan mendapat banyak pengalaman belajar dan hunting bersama.

Nah, berikut 20 tips singkat fotografi untuk anda menambah informasi dan kemampuan fotografi anda, menurut Komunitas Sourabaya In Frame;

Poin 1 – 10 sebelumnya, bisa kamu lihat disini; Pelajari 20 Tips Singkat Untuk Fotografer Pemula (Part 1)

 

  • Formatlah memory card hanya di kamera, jangan pernah memformat memory card dikomputer. Selain jauh lebih cepat dan mudah juga jauh lebih aman jika anda melakukannya di kamera.
  • Jika anda memiliki kapasitas hard disk berlebih di komputer serta suka melakukan foto editing, gunakan format RAW saat memotret, jika tidak cukup gunakan JPG.
  • Jika anda benar-benar menyukai fotografi landscape, fotolah di jam-jam berikut: dari jam 5 sampai jam 8 pagi, serta dari jam 4 sampai jam 7 sore.
  • Ketika memotret, lihatlah area paling terang yang masuk ke viewfinder anda. Kalau terangnya terlalu mencolok dibanding area lain, gantilah sudut pemotretan.
  • Untuk memotret HDR, gunakan mode auto bracket. Satu lagi: untuk foto HDR landscape yang dahsyat, tunggulah sampai muncul mendung sedikit, lalu mulailah memotret.
  • Jika anda membeli lensa atau kamera bekas, pastikan anda melakukan transaksi dengan bertemu penjualnya secara langsung. Anda harus menguji barangnya, memegang dan mencobanya
  • Sepanjang memungkinkan, gunakan settingan ISO serendah mungkin. Meskipun noise reduction bisa mengurangi noise yang dihasilkan oleh ISO yang tinggi, namun akan mengurangi detail foto secara keseluruhan.
  • Kalau warna membuat foto anda terlalu “sibuk” dan ramai, ubahlah foto anda menjadi foto hitam putih
  • Untuk menghasilkan foto hitam putih yang bagus, perhatikan kontras dalam foto anda. Semakin banyak kontras (area gelap dan terang yang beragam), semakin bagus foto hitam putih anda.
  • Bawalah kamera kemanapun anda pergi, cara paling cepat meningkatkan kemampuan fotografi anda adalah dengan memperbanyak jam terbang, tidak ada yang lebih baik.

Sumber: Surabaya In Frame

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *