Solidaritas Perjuangan Demokrasi: Perkuat Solidaritas dan Tentang Segala Bentuk Diskriminasi

Solidaritas Perjuangan Demokrasi (SPD) adalah front persatuan demokratis yang terdiri dari individu maupun organisasi yang memperjuangkan demokrasi sejati.

Kami bertujuan melawan kelompok reaksioner dan aliansi ultra kanan mereka dalam membangun gerakan fasis, rasis dan seksis di Indonesia. Kami percaya bahwa hanya dengan kekuatan solidaritas, persatuan dan mobilisasi kekuatan rakyat bisa melawan mereka.

Prinsip dan Nilai Solidaritas Perjuangan Demokrasi:

1. SPD menentang fasisme, rasisme, homofobia, transfobia, chauvinisme, seksisme, komunistofobia; serta SPD anti diskriminasi dan anti sektarianisme. Ideologi tersebut digunakan oleh kelas yang berkuasa untuk memecah belah rakyat. Dan ideologi tersebut menjadi basis dari perkembangan gerakan reaksioner.

2. SPD memperjuangkan demokrasi yang sejati. Itu berarti adanya kebebasan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat, berideologi, beragama, berkeyakinan, kebebasan orientasi seksual, identitas gender & ekspresi gender, dan hak menentukan nasib sendiri serta hak-hak demokratik lainnya.

3. SPD akan mengorganisir solidaritas, mobilisasi dan perlawanan terhadap gerakan reaksioner anti demokrasi. Untuk menghentikan mereka dalam mengorganisir, merekruit, menyebarkan ideologi kekerasan mereka serta menghentikan mereka dalam melakukan penyerangan terhadap ruang-ruang demokrasi.

4. SPD percaya bahwa hanya dengan persatuan serta solidaritas kekuatan rakyat itu sendiri maka kita dapat menghancurkan gerakan dan ideologi fasis, rasis dan seksis.

5. SPD percaya bahwa semua individu dan kelompok yang menjadi sasaran kekerasan dari gerakan reaksioner memiliki hak untuk mempertahankan diri dan melawan. Kekuatan kita adalah pada pembangunan solidaritas dan mobilisasi massa bersama.

6. SPD adalah aliansi demokratis, sehingga setiap individu/ organisasi yang tergabung memiliki hak untuk menjalankan aktivitas/ agenda mereka sendiri dalam memperjuangkan demokrasi. SPD mendorong adanya kerjasama dan bersama-sama mempertahankannya dari serangan kelompok reaksioner jika diperlukan.

Sumber: Laman Facebook SPD

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *