Komunitas Ambonese Backpacker: Pengelana Manis dari Tanah Manis

Selain bertabur pemandangan indah, laut luas dengan kekayaan bahari yang tak ada duanya, Ambon juga memiliki sekumpulan nyong manis dengan hobi yang menarik yaitu backpacking.

Berawal dari sekumpulan kawan yang memiliki kegemaran bepergian yang sama, maka dibentuklah komunitas khusus bagi para pecinta jalan-jalan dari Ambon yang diberi nama Komunitas Ambonesse Backpacker pada tanggal 29 Desember 2013 di Pantai Air Balanda, Desa Saleman, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Selain dari kegemaran bepergian, ide dibentuknya komunitas Ambonesse Backpaker ini juga bertolak pada perlunya wadah bagi kawan-kawan yang senang baronda atau begadang, berkumpul hingga larut malam untuk berdiskusi dan membahas isu-isu penting yang bermanfaat sembari mempererat tali persaudaraan antar anggota komunitas. Komunitas yang sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung ini hanya mengajukan  satu saja syarat paling penting yaitu suka travelling sama-sama.

Komunitas Ambonesse Bacpacker saat ini digawangi oleh satu orang koordinator bernama Adyth Lessy atau Adith iL Diavollo, yang bertugas melakukan koordinasi dan menyusun segala macam bentuk kegiatan komunitas. Tidak hanya eksplorasi di wilayah sekitaran Maluku, Komunitas Ambonesse Backpacker juga melakukan beberapa perjalanan di luar wilayah Maluku. Beberapa kegiatan perjalanan yang pernah dilakukan oleh Ambonesse Backpacker di wilayah Maluku antara lain Kepulauan Banda Naira, Pendakian Gunung Binaya Maluku, Wisata Ora Eco Resort serta Lisar Bahari Resort di Desa Sawai, perjalanan ke Air terjun Desa Ureng, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku tengah, diving dan snorkeling pantai Lubang Buaya Desa Morela, Kecamatan Leihitu,  Kabupaten Maluku tengah, dan Wisata Pulau Pombo, Pulau Kassa di Maluku. Sedangkan di luar wilayah Maluku diantaranya adalah melakukan pendakian Gunung Rinjani Mataram dan Wisata pantai Pantai Gili Trawangan, pendakian gunung Semeru, Wisata air terjun Coban Rondo, dan eksplorasi Pulau Sempu.

Kepuasan jalan-jalan oleh komunitas ini tidak hanya dapat dirasakan oleh para anggotanya saja, khalayak yang lebih luas dapat pula memperoleh informasi yang akurat mengenai lokasi-lokasi yang telah dieksplorasi, terutama yang berada di sekitar Maluku, melalui kumpulan dokumentasi Ambonesse Backpacker yang sering mereka bagikan.

Melalui komunitas ini pula, mereka berharap ikatan dalam komunitas sekiranya dapat mempererat rasa persaudaraan satu sama lain dalam sebuah proses yang lebur sehingga tidak ada lagi pembeda dan perselisihan. Maluku akan dikenal sebagai tujuan wisata yang aman dan nyaman di Indonesia.

Sumber: East Blogger Community

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *