Membuat Efek Karat Pada Model Kertas

Alat yang diperlukan:

  • Kuas (gunakan kuas bekas saja), diperlukan ujung kuas yg agak kaku
  • Cat warna merah bata, coklat dan kuning transparan. Di sini dicontohkan menggunakan warna cat Tamiya Hull Red XF-9 dan Clear Yellow X-24

Sebelum mengaplikasikan efek karat pada model, lebih baik anda bereksperimen pada bidang lain terlebih dahulu sampai mendapatkan teknik yang tepat dan hasil yang mirip dengan karat. Diperlukan referensi gambar/ foto karat atau anda dapat mencontoh pada benda-benda di sekitar anda yang berkarat, misalnya besi/ baut berkarat, tiang besi berkarat, dll. Latihlah campuran cat anda sampai mirip dengan karat asli baru anda aplikasikan pada model.

Gunakan feeling tangan anda dan logika dalam membentuk arah karat dan posisi bidang berkarat. Misalnya arah karat yang segaris dengan arah jatuhnya air atau karat yg mengelupas. Jika bidang yang berkarat itu datar bentuklah seperti bercak-bercak. Jika bidang miring arahkan kuas segaris dengan arah jatuhnya air.

Pada contoh di atas, menggunakan Hull Red XF-9 terlebih dahulu. Setelah agak kering baru ditimpa dengan cat Clear Yellow X-24 tipis-tipis saja.

Sumber: Laman Peri Kertas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *