Renang Sehat Untuk Ibu Hamil

Cara renang untuk ibu hamil yang aman dan sehat perlu diketahui oleh semua ibu mengandung supaya lebih rajin menjaga kesehatan dengan olahraga yang menyenangkan ini. Bunda tentu tahu bahwa kegiatan berenang saat hamil itu terbilang aman dan dapat memberikan banyak manfaat bagi bumil. Perasaan santai dan merasa baik akan dirasakan ketika Anda berendam di dalam air meskipun perut sudah mulai membuncit, namun tetap saja ada cara renang ibu hamil yang aman dan membuat moms mendapatkan kondisi terbaik.

Ada beberapa orang mengatakan hal yang berbeda yakni renang pada masa hamil itu berbahaya, padahal berenang itu dilakukan pada lingkungan yang relatif aman. ketika Anda memasukkan badan dalam air maka 90% dari berat tubuh akan ditopang oleh perbedaan jenis massa.

 

Berikut beberapa tips berenang bagi wanita hamil yang dapat dijadikan panduan, menurut Komunitas Ibu Hamil:

1. Konsultasikan kepada dokter kandungan atau bindan Anda apakah Anda dapat mengambil latihan renang bagi ibu hamil, ahli fisioterapis juga dapat didatangi jika ingin memastikan keadaan Anda sehat untuk berenang. Apalagi jika moms termasuk wanita hamil dengan riwayat kasus : pernah keguguran, pecah ketuban, persalinan dini, leher rahim yang lemah, kehamilan kembar, penyakit jantung dan paru-paru

2. Suhu air dalam kolam renang tidak boleh lebih panas dari 32 derajat Celcius. Namun pada umumnya kolam renang umum mempunyai suhu yang lebih dingin dari 32 derajat Celcius.

3. Cara berenang buat ibu hamil yang aman selanjutnya ialah bunda harus menambah asupan makanan bergizi dan terutama kebutuhan kalori, dan ini dilakukan pada latihan pada umumnya saat hamil.

4. Ambilah pelatihan renang selama 30 menit dan jika lebih maka pastikan bunda untuk minum banyak cairan dan ditambah dengan glukosa sedikit.

5. Cara renang untuk ibu hamil yang terakhir ialah segera hentikan kegiatan berenang apabila Anda merasakan pusing, sesak napas, detak jantung berdebar atau tidak teratur, rasa sakit pada perut bagian bawah, perdarahan rahim dan dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *