Apindo dan Kemenkeu Gelar Sosialisasi Tax Amnesty

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Kementerian Keuangan menyelenggarakan sosialisasi Undang-Undang Pengampunan Pajak atau tax amnesty. Perusahaan, pedagang, dan sejumlah asosiasi menjadi target peserta sosialisasi.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan antusiasme terhadap kebijakan amnesti pajak sangat tinggi. “Di Apindo, banyak pertanyaan yang diajukan tentang tata cara mengikuti amnesti pajak,” kata Hariyadi di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis, 21 Juli 2016.

Berbekal tingginya antusiasme, Hariyadi menargetkan 2.000 peserta menghadiri sosialisasi tersebut. Sosialisasi akan dilaksanakan pada 20, 22, 25, 28 Juli, serta 1 Agustus 2016.

Peserta sosialisasi akan diberikan informasi, dari cara mengikuti program amnesti pajak hingga keuntungannya. Keuntungan mengikuti program amnesti pajak, menurut Hariyadi, ialah mendapatkan uang tebusan rendah. Selain itu, wajib pajak dapat menghindari denda pajak yang sangat besar serta bebas dari pemeriksaan surat pemberitahuan (SPT) pajak 2015 dan tahun sebelumnya.

Data wajib pajak yang mengikuti program pengampunan dijamin tak akan bocor. Pemerintah menjamin data tersebut tak akan digunakan sebagai bukti awal penegakan hukum atas hal perpajakan. Data kekayaan di dalam dan luar negeri juga akan semakin terbuka mulai 2017 dengan adanya komitmen keterbukaan informasi keuangan dengan keikutsertaan Indonesia di Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).

Sedangkan informasi mengenai tata cara mengikuti program amnesti pajak dapat diunduh di www.pajak.go.id. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lain terkait dengan amnesti pajak, pemerintah menyediakan pelayanan amnesti pajak di nomor 1-500-745.

Sumber: Tempo

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *