HDCI Cikarang: Satukan Kesamaan Hobi

Menjadi pelopor keselamatan di jalan merupakan visi dari komunitas HDCI Cikarang. Di balik ukuran motor besar dan badan tegap sang rider, komunitas ini tak hanya menjadi ajang kongkow saja. Di Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Cikarang mendidik untuk menerapkan safety riding. Atau berkendara aman sesuai aturan lalu-lintas dan menghargai pengendara di sekitarnya.

Salah satu pengurus HDCI Cikarang, Gatot Satrio dengan ramah menerima Info Apartemen. HDCI Cikarang didirikan pada Maret 2013 lalu dengan jumlah anggota sebanyak 35 orang yang tersebar di kawasan Lippo Cikarang, Jababeka, hingga Cikarang Kota. “HDCI Cikarang berdiri atas dasar banyaknya pecinta motor Harley-Davidson yang belum memiliki wadah. Untuk HDCI Pusat sendiri sudah berdiri sangat lama yang berpusat di Mabua. Baru pada Maret 2013 lalu, saya dan teman-teman sepakat mendirikan HDCI Cikarang. Tak lain agar HDCI semakin membumi, mandiri, dan mampu mengakomodir pecinta Harley Davidson khususnya di Cikarang,” tutur Gatot.

Lebih jauh Gatot menjelaskan motor Harley-Davidson memiliki berbagai tipe mulai dari sportster, softtail, dyna, hingga touring. Tipe-tipe motor ini dibagi lagi menjadi beberapa model. Perbedaan tipe terlihat pada kapasitas mesin motor. Adapun kapasitas mesin bervariasi mulai 800cc hingga 1.800cc. Dari segi harga, motor Harley Davidson memang diperuntukkan bagi rider dengan minat serius. Tak heran banyak selebritis yang kepincut bermain Harley-Davidson mulai dari Indrodjojo Kusumonegoro yang akrab disapa Indro “Warkop”, Samuel Zylgwyn, Teuku Edwin dan Jody Sumantri (Edwin-Jody), Pasha “Ungu”, serta Joe Project P. Untuk harga satu unit motor Harley Davidson berkisar dari Rp350 juta sampai Rp1 miliar.

HDCI Cikarang secara rutin menggelar acara touring. Dalam setahun dapat digelar lima sampai sepuluh kali tur baik dalam dan luar kota. Acara tur mulai dari sekedar sarapan di Purwakarta (short riding) hingga perjalanan ke Dieng atau Lombok (long riding).

Selain itu walau masih baru dan jumlah anggota yang tergolong minim, HDCI Cikarang selalu aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Hal ini sesuai dengan visi dan misi HDCI pusat yang mengedepankan aksi sosial. Tahun lalu, HDCI Cikarang mengadakan bakti sosial seperti donor darah, sunatan masal, pengobatan gratis, dan santunan kepada anak yatim. Program sosial lainnya yakni penanaman seribu pohon di sepanjang Jalan Kalimalang, Bekasi.

Selain itu, program safety riding menjadi program andalan dari HDCI. Program safety riding terhitung sudah ketiga kali dilaksanakan. Program ini diperuntukkan bagi para anggota HDCI untuk mempertajam skill dan menambah wawasan. Tak hanya bagi internal, HDCI juga menggandeng klub-klub motor mulai dari ukuran cc kecil hingga besar.

Dari segi bentuk, motor Harley-Davidson didesain seaman dan senyaman mungkin. “Terkadang faktor panas yang menjadi masalah bagi pengendara Harley-Davidson. Ketika touring pun, masalah panas mesin akan sangat mengganggu apabila jalan macet. Oleh karena itu, ada aturan untuk bersitirahat setiap dua jam sekali. Hal ini untuk melakukan peregangan terhadap otot-otot yang kaku,” terang Gatot menambahkan.

sumber : infonitas.com

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *