SGSC Cirebon: Wadah Mengembangkan Hobi Bernyanyi

Komunitas Satya Gaura Svara Choir (SGSC) Cirebon merupakan sebuah wadah paduan suara bagi para pemuda/ pemudi yang memiliki hobi bernyanyi. Komunitas SGSC Cirebon ini berdiri pada tanggal 1 November 2014 kemarin oleh sepuluh mahasiswa dengan tujuan sama, yaitu ingin mengembangkan minat dan bakat bernyanyi.

Komunitas SGSC Cirebon ini dengan hanya beberapa penyanyi yang memiliki semangat dan rasa cinta yang sangat besar untuk berjuang mengembangkan sayapnya di dunia paduan suara, dan bercita-cita ingin mengikuti berbagai perlombaan paduan suara, baik tingkat regional, nasional dan bahkan internasional sekalipun.

Ketua Komunitas SGSC, Taufiq Hidayat menyampaikan, komunitas SGSC ini bertujuan untuk sebuah memberikan wadah  bagi mahasiswa/ mahasiswi yang mempunyai hobi yang bernyanyi, dan disini mereka semua bersama-sama belajar untuk bernyanyi, terutama soal tarik suara.

“Adanya komunitas SGSC ini, kami memiliki cita-cita ingin mengembangkan minat dan bakat para mahasiswa yang ingin meningkatkan bakatnya dibidang musik ini, karena tentu tidak mudah untuk belajar bersama komunitas ini, karena harus konsisten mengikuti latihan suara setiap satu minggu dua kali,” ungkap Ketua Komunitas SGSC, Taufiq Hidayat kepada fajarnews.com, Jumat (11/12).

Kegiatan komunitas SGSC ini yang rutin dilaksanakan adalah setiap hari Senin dan Sabtu yang bertempat di Gedung Kesenian Nyimas Rara Santang. Disana, kata dia, komunitas SGSC ini berlatih soal lagu dari mulai lagu-lagu daerah, Indonesia, lagu dari manca Negara, lagu-lagu musica sacra (lagu kebangsaan, red) dan juga lagu pop yang telah diaransemen empat jenis suara, yaitu sopran, alto, tenor dan bass.

“Kagiatan tambahan komunitas SGSC lainnya adalah mengisi acara-acara informal dan non formal. Selain itu juga, kita melaksanakan diskusi dan latihan lebih ke teknik suara, bukan kepada musik. Karena kita itu fokus terhadap latihan tarik suara,” jelasnya.

Penamaan komunitas SGSC ini filosofisnya adalah paduan suara emas yang abadi, dari penamaan SGSC ini diharapkan wadah ini bisa memiliki karakter suara yang khas, dan berbeda dengan daerah-daerah lain. Saat ini, lanjut dia, anggota yang terdaftar dalam komunitas SGSC itu ada sekitar 25-30 orang.

“Selama setahun berdiri, kami tidak mengalami kendala apa-apa, hal ini dikarenakan para anggota komunitas SGSC itu solid dan kompak. Dan tentu juga dari setiap kumpul ini, kami juga bisa menambah rasa persaudaraan dan kepercayaan satu sama lainnya,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan, nanti pada tanggal 27 Desember, komunitas SGSC ini akan mengadakan recrutmen open. Pembukaan rekrutmen dibuka bagi para pemuda/ pemudi yang ingin mengembangkan dan menngkatkan bakatnya dibidang tarik suara ini bisa mendatangi langsung ke tempat Gedung Kesenian Nyimas Rara Santang.

sumber : fajarnews.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *