Fed Dewa: Komunitas Federalnya pulau Dewata

Komunitas pencinta sepeda Federal kini tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Federal Dewata (Fed Dewa) salah satunya..

Sepeda Federal merupakan sepeda yang sangat ngetren pada 1990-an. Karena saking populernya, sampai-sampai semua sepeda gunung dibilang ”sepeda Federal” oleh masyarakat.

Namun, merek sepeda gunung (MTB) yang pernah jaya itu kini sudah tak lagi diproduksi. PT Federal Cycle Mustika, pabriknya, sudah tutup.

Meski begitu, setelah masa kejayaan sepeda itu berakhir, beberapa pemilik sepeda Federal kembali memopulerkan sepeda yang menjadi primadona para pelajar di eranya tersebut. Caranya, membentuk komunitas seperti yang dilakukan Fed Dewa.

Anggota komunitas Sepeda Federal disebut federalist. Komunitas itu tersebar di beberapa penjuru Indonesia. Juga, mereka punya nama masing-masing, sesuai daerahnya. Tetapi, mereka masih berada di bawah naungan MTB FI. Adapun Fed Dewa merupakan salah satu komunitas sepeda Federal chapter Bali.

Berdiri pada 2014, komunitas tersebut kini beranggota 25 federalist. Mereka punya prinsip tiap anggota adalah komandan. Para anggota harus siap untuk memosisikan diri sebagai koordinator.

Fed Dewa sering mengadakan kegiatan seperti kegiatan rutin bersepeda di sekitaran Bali setiap Selasa dan Jumat. Bulan lalu beberapa anggota bersepeda keliling Bali, dimulai dari Bajra Sandhi Denpasar, lalu menuju Klungkung–Karangasem–Singaraja–Jembrana–Tabanan, dan kembali lagi ke Denpasar. Rute tersebut ditempuh selama 21 jam.

sumber : jawapos.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *