Komunitas Bahasa Jawa Serang Ramaikan Lomba Permainan Tradisional

Ratusan anak antusias mengikuti lomba permainan tradisional di Rumah Dunia, Ciloang, Kota Serang, Minggu (23/7/2016). Mereka tampak bergembira mengikuti sejumlah permainan tradisional, seperti bentengan, gobag sodor, congklak, bola bekel, lompat karet, egrang, dan lainnya.

“Kegiatan ini untuk menyambut Hari Anak Nasional,” terang Ahmad Wayang, Presiden Rumah Dunia.

Kegiatan rutin bertajuk ‘Pesta Anak’ ini juga diisi dengan pemutaran film anak-anak seperti 5 Elang, Petualangan Sherina, dan Jendral Kancil. Acara ditutup dengan diskusi tentang pencegahan kekerasan terhadap anak.

Sejumlah anak tampak merasa asing dengan permainan yang memang sudah jarang dilakukan anak-anak. Tak sedikit anak-anak yang bertanya tentang aturan atau tata cara permainan tradisional.

Pada acara ini Rumah Dunia menggandeng Komunitas Bahasa Jawa Serang (BJS), komunitas dari dunia maya yang konsen dalam pelestarian bahasa lokal dan seni tradisi. “Selama ini Komunitas BJS juga rutin mengkampanyekan permainan tradisional. Biasanya kita menggelar permainan tradisional di alun-alun,” ujar Suryadi, koordinator permainan tradisional Komunitas BJS.

Sumber: Banten News

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *