Komunitas Pengusaha Muda Aceh Latih Anak Yatim Buat Mie Tanpa Boraks

Komunitas Saudagar Muda (SAUM) Aceh bekerjasama dengan Getlatela dan Yuk Bisnis (Yubi) Aceh melakukan pelatihan membuat mie tanpa boraks untuk puluhan anak yatim di Rumah Anak Yatim Makanul ‘Ubudiyah, Gampong Lambaro Sibreh, Sukamakmur, Aceh Besar, Minggu, 17 Juli 2016.

Nurzahidah selaku trainer mengatakan kegiatan ini merupakan program rutin bulanan Getlatela.

“Mengingat adanya pemberitaan media tentang banyaknya penemuan mie dengan kandungan boraks, menjadi salah satu alasan pelatihan ini dilakukan. Dengan asasaran utama panti asuhan dan remaja putus sekolah. Pelatihan ini bertujuan supaya remaja Aceh bisa mengolah makanan sehat dari bahan yang ada di lingkungan sekitar”, ujar wanita yang kerap disapa Toke Donat ini.

Memang dalam pembuatannya diharapkan mie ini bisa bertahan lebih dari satu hari, oleh karena itu digunakan bahan antioksida seperti bayam, wortel, labu juga lainnya.

“Penggunaan anti oksida dapat menghambat proses pengasaman (basi),” ujar owner Getlatela ini.

Perempuan yang akrab disapa Ida ini berharap berharap dengan pelatihan ini ikut memperkenalkan pangan lokal kepada generasi muda Aceh.

“Juga bisa memproduksi mie sendiri serta lebih menghargai pentingnya kesehatan dengan mengolah makanan berbahan dasar organik.”

Dalam kesempatan yang berbeda, Muallim Ibrahim selaku ketua Yayasan Rumah Yatim Makanul ‘Ubudiyah mengatakan kegiatan seperti ini penting dan bermanfaat.

Ia juga berharap kepada para remaja yang ikut pelatihan hari ini nantinya bisa menjadikannya sebagai titik awal dalam memulai usaha mereka dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang sehat.

“Penggunaan bahan organik sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama bagi remaja,”, demikian Nurzahidah.

Sumber; Klik Kabar

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *