Komunitas E-Twenty Gelar Aksi Tanam Pohon Bersama Masyarakat Untuk Pelestarian Lingkungan

Bersamaan dengan acara Halal bi Halal dan dalam rangka memotivasi, mengenalkan dan menularkan rasa cinta mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik kepada masyarakat ,  Komunitas e – twenty , kumpulan alumni Fakultas Kehutanan IPB Angkatan 20 (masuk IPB tahun 1983) mengadakan kegiatan aksi tanam pohon, silaturahmi sekaligus membagikan sembako kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan yang mengusung tema Menanam Pohon Menanam Harapan ini diadakan pada tanggal 20 Agustus 2016 berlokasi di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung , Jawa Barat. Aktivitas ini merupakan tanggung jawab moril para alumni terhadap terciptanya lingkungan hidup yang hijau, bersih dan asri sehingga nyaman untuk ditempat oleh masyarakat.

Komunitas yang dikomandani Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM sebagai Ketua Umum dan Ir. Ahmad Sani Arifin, MM sebagai Sekjen ini merupakan merupakan kumpulan dari berbagai profesi seperti Pegawai Pemerintahan, BUMN, Swasta, Konsultan Lingkungan, Dosen serta Wiraswasta.

Rombongan bertolak dari Taman Mini Indonesia Indah menuju lokasi penanaman dengan menggunakan bus.

“Sebagai pencinta hutan, alam dan lingkungan, kami para alumni Fakultas Kehutanan IPB Angkatan 20 terpanggil untuk mewujudkan aksi penanaman pohon di lapangan dengan melibatkan masyarakat setempat,” ujar Bambang.

Lebih lanjut, Bambang mengutarakan bahwa aksi menanam bersama masyarakat ini dimaksudkan untuk menginspirasi, memotivasi, dan mengajarkan pentingnya kepedulian untuk melestarikan dan memelihara hutan dan lingkungan.

“Sehingga kita berharap tercipta lingkungan yang sehat, nyaman dan terhindar dari bencana alam seperti banjir, kekeringan, tanah longsor dan dampak negative lainnya dari perubahan iklim global,” tambahnya.

Masih kata Bambang, jenis tanaman yang dipilih adalah Multi Purpose Tree Species (MPTS) yaitu tanaman serba guna, yang tidak saja memiliki manfaat nilai ekonomi bagi masyarakat akan tetapi juga dapat menjaga lingkungan seperti  menyerap CO2 dan bahan polusi lainnya serta pencegah banjir.

“Diharapkan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi secara berkelanjutan sekaligus lingkungan tetap terjaga kelestariannya,” tandasnya.

Selain itu, kegiatan kali ini bertujuan untuk menularkan rasa cinta terhadap hadirnya lingkungan yang hijau , bersih dan lestari kepada komponen masyarakat melalui kegiatan menanam bersama .

“Bila sudah tumbuh rasa cinta menanam pohon di lingkungan masing-masing lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dan bahkan gaya hidup bagi masyarakat . Dan ini harus ditanamkan mulai dari individu,  kemudian  keluarga,  tetangga , kaum kerabat dan seterusnya sehingga diharapkan semakin lama akan melibatkan kelompok yang lebih luas, seperti efek bola salju,” bebernya

Dia berharap apabila kecintaan terhadap penanaman pohon sudah menjadi budaya dan bahkan gaya hidup pada semua komponen masyarakat, maka tak berlebihan bila kita merindukan bisa menghadiahkan bumi dan lingkungan yang lebih baik kepada anak cucu kita nantinya.

“Di mana anak cucu kita bisa beribadah,  belajar dan bermain di bumi yang hijau  dan asri kemudian  mendapatkan hasil dan  pemandangan indah dari laut yang biru dan bersih, serta menikmati udara yang segar dari langit yang bening dan jernih,” terangnya.

Sementara itu, Ir. Mintarjo, MSc,  selaku Ketua Pelaksana Aksi E – Twenty Peduli ini yang profesinya adalah pejabat eselon II di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengungkapkan bahwa tema yang dipilih yakni ‘Menanam Pohon Menanam Harapan’, tidak berlebihan karena akan menjadi momentuk untuk mewujudkan harapan masyarakat atas kelestarian lingkungan.

“Harapan kita akan segera terwujudkannya semua kerinduan di atas sesuai tema,” pungkasnya.

Sumber: Prodaya

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *