6 Tips Jalan-Jalan Yang Paling Ramah Lingkungan

Traveling memang sangat menyenangkan dan memberikan banyak pengalaman di dalam hidup. Travelling akan lebih berharga ketika kita juga turut serta menjaga dan membantu melestarikan lingkungan. Nah, ini dia 6 tips melakukan traveling ramah lingkungan menurut Komunitas Blogger Halo Dunia:

1. Gunakan transpotasi umum

Ketika melakukan perjalanan liburan atau traveling, pastikan untuk menggunakan angkutan umum selama di tempat tujuan. Ini tentunya menghemat bahan bakar dan uang. Bila semua wisatawan menggunakan metode ini, terbayangkah bagaimana lingkungan yang ramah karena tidak menambah polusi?

2. Gunakan layanan secara bijak

Menginap di hotel atau tempat tempat penginapan lainnya sering membuat kita menyalahgunakan fasilitas yang ada, seperti lampu, AC, televisi, dan lainnya. Meski sudah membayar, namun perilaku bijak bukanlah dengan membuang sumber daya tersebut sia-sia.

3. Gunakan hak akses layanan kamar secara bijak

Jika handuk, sprei, dan selimut kamar di penginapan kita masih bersih, tidak perlu diganti setiap hari. Kita bisa menghemat banyak energi untuk hal ini.

4. Bantu melindungi satwa liar

Saat berkunjung ke suatu tempat, jangan membeli hewan dari spesies yang terancam punah. Hal ini adalah tindakan ilegal. Kita juga harus ikut mendukung tindakan membunuh dan menghancurkan satwa liar. Jangan membahayakan hewan lokal dalam bentuk apapun.

5. Jangan berkemah atau mendaki di daerah yang terlarang

Di beberapa Negara, pemerintah daerah memberikan jalur khusus untuk hiking dan trekking bagi wisatawan. Namun, tak sedikit yang melanggar batas dari daerah yang disediakan dan ini dapat membahayakan lingkungan, khususnya daerah yang ditanami tanaman.

6. Hentikan langganan koran sementara

Tips melakukan traveling ramah lingkungan yang sederhana dan berguna yang banyak wisatawan lupa adalah langganan koran di rumah. Meninggalkan rumah sementara waktu, sebaiknya hentikan pula sementara langganan Koran. Ini akan membantu menyelamatkan banyak kertas serta pohon yang ditebang.

Sumber: Blogger Halo Dunia

FOTO DOK. Akun Instagram gruber_Alex

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *