Tips Memaksimalkan Action Camera

Selain pencahayaan yang berlaku untuk ilmu fotografi secara umum, Alwi selaku founder dari Komunitas GProID, wadah bagi para pecinta action camera,  membeberkan beberapa kiat agar hasil foto menggunakan action camera dapat maksimal. Berikut tipsnya:

  • Pastikan lensa bersih. Sebagus apapun foto atau video yang kita dapat, akan rusak seketika jika lensa kotor atau berembun. Gunakan antifog dan lenspen (pembersih lensa) untuk menjaga kebersihan lensa dan housing kamera.
  • Bermainlah dengan lensa wide angle yang dimiliki kamera jenis ini. Lensapada action cam adalah sebuah hal menarik untuk di explore karena ada distorsi yang mengakibatkan perbedaan antara apa yang didepan mata dan apa yang ditangkap kamera. Gunakan perbedaan itu sebagai alat untuk menambah daya tarik foto atau video kita.
  • Selalu siap. Sebelum keluar rumah, pastikan kamera Anda siap untuk merekam aksi. Sederhana mungkin, tapi sangat signifikan. Momen yang terjadi di depan Anda bisa saja hanya terjadi dalam hitungan detik. Untuk itu diperlukan kesiapan sebelum mulai merekam aksi. Karena seringkali saya menemukan orang yang tidak siap merekam aksi.Yang paling umum adalah kesiapan baterai dan memory. Low batt dan memory yang sudah penuh adalah dua alasan utama yang sering saya temui di lapangan. Pastikan Anda punya baterai cadangan dan pastikan selalu backup data foto dan video sehingga selalu ada ruang simpan untuk merekam aksi.
  • “Nyonteklah” dari orang lain. Banyak-banyak melihat atau menonton karya orang lain. Belajar dari karya orang. Perhatikan cara pengambilan, settingan, dan lainnya untuk Anda jadikan referensi pada foto/video.
  • Jangan cuma buat selfie. Ini adalah sebuah jargon yang mungkin kontroversial. Toh selfie adalah hak setiap orang. Maksud dari kalimat tersebut adalah cobalah untuk meng-exploreaction cam Anda. lebih kreatif, lebih iseng, bermain dan temukan ide-ide baru dengan action cam Anda selain untuk selfie. Tetapi jangan lupa, wajib selfie tetaplah wajib.

Menarik bukan? Tentu Anda sudah tak sabar ingin beraksi dengan action cam kesayangan. Selamat berkreasi!

Sumber: Daily Oktagon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *