Bandung Magic Association; Wadah Penggemar Sulap di Bandung

MELIHAT belum rukunnya antar komunitas sulap di Kota Bandung, Steve Marchello bersama teman-temannya mencetuskan sebuah wadah komunitas sulap bernama Bandung Magic Association (BMA).

Sempat vakum seikitar satu tahun, dulu yang bernama Komunitas Sulap Bandung kemudian kini berenkarnasi menjadi Bandung Magic Association (BMA) pada Januari 2015 lalu. Komunitas Sulap Bandung sendiri sudah ada sejak November 2007 lalu.

Kini BMA sudah mewadahi sekitar 14 komunitas sulap, bukan hanya di Bandung, tetapi juga Jawa Barat. Anggotanya pun sudah lebih dari 160 orang.

Anggota BMA terdiri dari beberapa pesulap profesional, Hobies, dan juga ada pedagang/penjual alat sulap.

Pesulap ternama seperti Joe Sandy, Abu Marlo, Deny Darko, dan lainnya juga ikut andil dalam mendirikan BMA.

Beberapa penghargaan pun sudah diraih oleh BMA, seperti rekor muri 200 pesulap bermain sulap di 12 titik pada tahun 2010. Beberapa anggota BMA pun sudah pernah ikut kompetisi sulap di televisi seperti Joe Sandy, Angelia Zhi, Abu Marlo, Deny Darko, dan masih banyak lagi.

Steve Marchello selaku Ketua BMA juga pernah tampil di layar kaca ikut serta dalam kompetisi sulap, meski belum meraih gelar juara. Ia sempat meraih juara 1 nasional 6 kali berturut-turut dari tahun 2009-2014. Steve juga pernah mewakili pesulap Indonesia berkompetisi sulap di level asia dan berhasil meraih juara kedua.

Menurut steve, kegiatan di BMA lebih banyak berbagi ilmu tentang dunia sulap. “Kita sih pindah-pindah tempat sharingnya, kadang di Braga. Kalau kita lagi street magic ya ngumpul sesuai tempat aja. Kalau ada event juga menyesuaikan kumpulnya, ” jelas Steve.

Berbagai even juga telah BMA adakan, seperti Bragakadabra dan Braga Magic Show yang bekerja sama dengan Pihak Braga City Walk. Pemecehan rekor muri 200 pesulap bermain sulap di 12 titik juga terselenggara berkat BMA yang bekerja sama dengan BNN dan FCL.

Seminggu sekali biasanya anggota BMA berkumpul berbagi ilmu, pengarahan, pembinaan, atau sekedar nongkrong bareng. “Seminggu sekali itu kumpul yang nggak wajib. Sedangkan sebulan sekali ada kumpul wajib buat anggota BMA,” ujar Steve.

Untuk bisa bergabung dengan BMA, Steve mengatakan siapapun yang mau bergabung diharuskan minimal bisa satu trik sulap. “Sekarang kan udah gampang ya sulap, bisa cari di internet. Satu aja dulu. Atau kalau yang sudah bergabung di komunitas sulap tertentu bisa langsung gabung dengan BMA,” ungkap Steve.

Sumber: Tribun News Jabar

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *