ITCFB: Fokus Pada Teknologi Informasi Untuk Tuna Netra

ITCFB (IT Center For The Blind) adalah sebuah organisasi sosial yang fokus pada bidang teknologi informasi bagi tunanetra. Tujuannya adalah mewujudkan teknologi yang aksesibel bagi tunanetra dan bagi masyarakat luas pada umumnya.

Pada awalnya, ITCFB membentuk sebuah grup diskusi di jejaring sosial Facebook yang fokus membahas hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi. ITCFB memilih Facebook sebagai sarana diskusi karena banyak tunanetra yang mempunyai akun Facebook dan aktif pada jejaring sosial tersebut. Oleh sebab itu, ITCFB memulai kerja pertamanya dengan membentuk sebuah grup diskusi yang fokus membahas teknologi agar banyak tunanetra dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai teknologi. Namun demikian, Grup diskusi ITCFB bukan hanya diperuntukkan bagi para tunanetra saja, namun masyarakat luas pun diharapkan dapat bergabung. Semakin banyak orang yang bergabung dan aktif memberikan informasi , maka semakin banyak ilmu yang dapat diserap dan diterapkan oleh para tunanetra.

Dalam perkembangannya, ITCFB tidak hanya terbatas pada grup diskusi di Facebook saja. Pada tanggal 17 Desember 2012, ITCFB secara resmi merilis sebuah website yang beralamat di www.itcfb.org. Tujuannya pun tidak jauh berbeda dengan grup Facebooknya, yaitu menjadi suatu media yang dapat memenuhi kebutuhan informasi tentang teknologi yang aksesibel bagi tunanetra Indonesia. Website ITCFB berisi artikel, tutorial, tips and trick, review software, dan audio potcast yang berkaitan dengan teknologi yang bisa dimanfaatkan khususnya oleh para tunanetra dan umumnya oleh masyarakat luas. Intinya, ITCFB ingin menghilangkan pandangan masyarakat yang beranggapan bahwa tunanetra adalah kaum yang terbelakang dalam urusan teknologi. ITCFB ingin menunjukkan bahwa tunanetra pun bisa “melek teknologi” seperti masyarakat pada umumnya.

Selain grup diskusi dan website, ITCFB juga memanfaatkan radio streaming sebagai sarana penyebaran informasi. Radio streaming dipilih karena jangkauannya yang luas dan proses operasional yang mudah dan murah. ITCFB Streaming Radio menyajikan informasi tentang teknologi dan acara hiburan yang berkualitas bagi para pendengarnya. ITCFB Streaming Radio dapat diakses langsung dari website ITCFB, dari aplikasi pemutar musik (Winamp, Windows Media Player, dan sebagainya), dari aplikasi pemutar radio streaming (TapinRadio), dan dari aplikasi TuneIn Radio di smartphone (Android, iOS, dan Blackberry). Silahkan akses http://itcfb.info:9000/32 (kualitas rendah) atau http://itcfb.info:9000/96 (kualitas tinggi).

Dalam jangka panjang, ITCFB mempunyai keinginan untuk menciptakan berbagai produk yang inovatif, baik hardware maupun software yang aksesibel bagi tunanetra. Keinginan tersebut pelan-pelan sudah mulai dapat direalisasikan. Salah satu contohnya, pada tanggal 26 November 2012 ITCFB (selaku pembuat software) bekerja sama dengan yayasan Raudlatul Makfufin (sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang dakwah Agama Islam bagi tunanetra) merilis software perdananya, MASA (Makfufin Adzan Software Accessible). MASA adalah software pengingat waktu Shalat dan kalender Hijriyah yang dirancang dengan aksesibilitas yang sangat baik untuk para tunanetra.

Untuk ke depannya, ITCFB akan terus berinofasi baik dalam hal software atau pun hardware serta layanan IT bagi tunanetra, demi mewujudkan cita-cita besar ITCFB, yaitu memajukan tunanetra Indonesia di bidang IT. Cita-cita besar ITCFB tidak mungkin bisa terwujud bila tidak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, ITCFB mengharapkan kerjasama dari berbagai pihak untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Sumber: Laman ITCFB

Foto: Alfianwidi

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *