JURnaL Celebes: Dorong Kekuatan Masyarakat Sipil Terkait Dengan Pengelolaan Sumber Daya Alam

Perkumpulan Jurnalis Advokasi Lingkungan Celebes atau disingkat JURnaL Celebes, adalah sebuah organisasi yang berbentuk perkumpulan beranggotakan jurnalis dan aktivis NGO Sulawesi Selatan, yang memiliki komitmen dan kepedulian dalam mendorong proses penyelesaian masalah-masalah pengelolaan sumber daya alam serta masalah sosial masyarakat akar rumput melalui pengembangan sistem informasi dan komunikasi. Upaya yang dilakukan tersebut sebagai bagian dari gerakan masyarakat sipil untuk mendorong proses demokratisasi pengelolaan sumber daya alam dengan harapan adanya perubahan kebijakan yang menjamin kelestarian lingkungan serta keadilan dan kesejahteraan masyarakat.

JURnaL Celebes terbentuk pada tanggal 12 September 2002 di Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai wadah independen yang mendorong penguatan masyarakat sipil melalui kegiatan peningkatan kapasitas, networking, monitoring, investigasi, kajian dan kampanye pengelolaan sumberdaya alam yang berkeadilan. Saat ini Perkumpulan Jurnal Celebes telah memiliki anggota tetap sebanyak 38 orang yang berasal dari latar belakang pers, NGO, serta organisasi rakyat.

Sumber: Laman Jurnal Celebes

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *