Tips Menulis Untuk Pemula Ala Forum Lingkar Pena

“Tuangkan ide yang belum pernah ada,” kata Sri Widiyastuti ketika berbicara mengenai proses kreatif penulis. Penulis yang juga anggota Badan Pengurus Pusat FLP itu hadir sebagai pemateri dalam Kelas Menulis Cerita Detektif di Kantor Pusat Sebangsa.com pada Jumat (19/08/2016) kemarin.

Untuk bisa menuangkan ide tersebut, menurut Sri, kuncinya adalah kreativitas. Sebagai kiat konkritnya, Sri menyarankan agar membuat mind map dalam menuangkan ide.

Lebih lanjut Sri menjelaskan langkah-langkah dalam penulisan naskah cerita pendek. Pertama, berkaitan dengan menentukan target pembaca, anak-anak ataukah dewasa. Hal ini bisa dipahami, karena pembaca yang berbeda perlu pendekatan pembahasaan yang sesuai pula.

Langkah berikutnya, menentukan genre atau jenis ceritanya. Apakah horor, misteri, atau lainnya. Kemudian baru menggarap unsur intrinsik cerita, terutama penokohan atau karakter.

Selain itu Sri juga berpesan untuk tetap berpegang pada idealisme sebagai penulis. Tetapi tentu saja ini ada rambu-rambunya “Jangan sampai menggurui,” ucap Sri.

Acara yang digelar Komunita.ID, Sebangsa, bekerjasama dengan DetectivesID dan Forum Lingkar Pena tersebut, merupakan rangkaian dalam program #BincangHangat bersama Komunitas.

Sumber: Forum Lingkar Pena

FOTO dari thenewspaperworks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *