D’Travellers Blitar; Inovasi dalam Membangun Masyarakat Sadar Wisata di Blitar

Komunitas yang bernama D’Travellers Blitar, merupakan inovasi daerah yang digagas muda-mudi Blitar, Jawa Timur. D’Trav Aktif sejak 2009 dalam pengumpulan data wisata dan promosi pariwisata Blitar secara indie. Komunitas ini awalnya hanya digerakkan oleh segelentir orang saja dan hanya berbasis pada jejering sosial di internet. Semakin lama komunitas ini semakin berkembang dan memperoleh partisipasi dari banyak kalangan. Komunitas D’Trav menjelma menjadi wadah insan-insan pecinta wisata di Blitar untuk saling mengenal dan bersosialisasi antar individu. Awalnya antar individu belum saling mengenal dan hanya berkomunikasi dari jejering sosial saja, dan hanya sesekali bertemu saat ngetrip bersama.

Lambat laun banyak member komunitas yang terinisiasi, kemudian menyatukan visi dan menjalankan aksi inovatif yang lebih bermanfaat dari sekedar trip biasa. Ini merupakan kabar baik. Aksi yang dilakukan oleh komunitas ini terbagi menjadi dua jenis yaitu aksi dasar berupa pemanfaatan media internet sebagai wadah publikasi dalam promosi pariwisata dan aksi peduli lingkungan wisata. Dengan aksi peduli lingkungan wisata, diharapkan dapat memberikan contoh sekaligus ajakan kepada masyarakat supaya turut berperan dalam mengembangkan pariwisata. Aksi peduli lingkungan wisata pun dikemas dalam wujud yang variatif. Ada “bakti wisata” yang meliputi aksi kepedulian terhadap wisata alam, ada pula “bakti situs” yang meliputi aksi kepedulian terhadap benda cagar budaya dan pengenalan budaya asli peninggalan nenek moyang pada generasi muda.

Bakti wisata di lingkungan alam lebih menitik beratkan pada masalah kebersihan dan kelestarian lingkungan. Kegiatan ini dilakukan dengan konsep yang sederhana, misalnya saja dengan memunguti sampah yang berserakan di tempat-tempat wisata alam. Pelaksanaan bakti wisata ini, memperoleh respon positif dari masyarakat setempat dan komunitas – komunitas lain untuk turut melakukan hal serupa.

Dengan adanya aksi-aksi positif yang diwadahi komunitas ini, semoga menjadi motivasi bagi masyarakat untuk peduli terhadap perkembangan pariwisata Blitar. Karena hal ini tidak hanya bisa diterapkan untuk Blitar namun juga untuk Indonesia.

Sumber: Website D’Travellers

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *