Tree Climbing Indonesia; Komunitas Pemanjat Pohon Pertama di Indonesia

Selain faktor keselamatan, pengenalan berbagai alat yang digunakan untuk memanjat pohon juga diperlukan untuk menunjang para petani dalam memanen. Meski demikian, masih diperlukam sosialisasi secara mendalam kepada masyarakat dalam teknik memanjat pohon yang baik dan benar.

“Ini penting sebenarnya. Kita bisa lihat petani kepala yang tradisional banyak yang mengabaikan keselamatan saat memanjat. Mereka juga biasanya malas menggunakan alat-alat safety. Makanya kita disini juga mempunyai sekolah memanjat dan bisa juga untuk penyuluhan kepada petani,” terangnya.

Selain hal tersebut, Tree Climbing Indonesia ini juga sering bekerja sama dengan LIPI dalam pengunduhan biji pohon Sengon. Tingginya pohon yang mencapai ketinggian lebih dari 30 meter dan karakteristik pohon yang dikenal rapuh membuat pengambilan bijin tersebut diperlukan tenaga ahli untuk mengambilnya.

Saat ini, Tree Climbing Indonesia ini sendiri berpusat di Jalan Anasar 1 Nomer 68 Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat yang memiliki anggota sekitar 50 orang tersebar di seluruh wilayah Indonesia terutama Pulau Jawa dan Sumatera.

Diharapkan, olahraga ekstrim ini untuk terus disosialisasikan kepada masyarakat luas. Selain untuk olahraga maupun hobi, teknik panjat pohon ini dapat berguna untuk membantu para petani dan para peniliti yang berhubungan dengan kehidupan di atas pohon.

“Kita ingin dikenal oleh masyarakat. Disni kita belajar tentang alam khususnya pohon dan teknik-teknik memanjat pohon yang baik dan diharapkan dengan adanya organisasi ini mampu bermanfaat bagi orang lain maupun pemerintah terkait permasalahan pohon,” harapnya.

Sumber: Okezone News

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *