Celebes Cooking and Baking Community; Majukan Industri Kuliner Kota Makassar

Lahirnya CCBC tercetus atas keinginan untuk memajukan industri kuliner di kota Makassar. Berbagai kegiatan dilakukan demi pengembangan bisnis para anggotanya.

Berawal dari perkenalan di beberapa tempat kursus pengolahan makanan, akhirnya terjalinlah hubungan persahabatan 13 orang yang semuanya memiliki background bisnis kuliner. Pada 1 April 2014 tercetuslah ide untuk membuat sebuah wadah yang dapat mengumpulkan para pelaku dan pemerhati bisnis kuliner. Maka terbentuklah Celebes Cooking and Baking Community (CCBC).

Dijelaskan Ketua CCBC, Rhanty Kusumaningrum, kegiatan yang pertama kali mereka lakukan adalah melaksanakan acara “Pojok Kuliner” di SMK Negeri 8 Makassar. Content acara tersebut adalah bazar yang menjual aneka produk kuliner. Para pesertanya sebagian besar merupakan member CCBC. Antusias peserta dan sponsor saat itu lumayan besar. Bahkan kegiatan tersebut mendapat dukungan dari PT. Eastern Pearl Flour Mills, sebuah perusahaan ternama yang produknya telah tersedia luas secara nasional dan perusahaan ini menguasai pangsa pasar konsumsi terigu ke-2 terbesar di Indonesia.

Pasca kegiatan itu, banyak peserta bazar yang akhirnya tertarik ikut bergabung menjadi member. Saat ini menurut Rhanty, CCBC telah memiliki 103 member. Komunikasi antar member dilakukan melalui dua sosial media, yaitu Line Group dan BBM Group. Background para member kebanyakan merupakan pelaku bisnis kuliner online. Beberapa di antaranya masih berstatus mahasiswa, tetapi kebanyakan merupakan ibu rumah tangga.

Dalam sebulan, para member CCBC melakukan kopdar (kopi darat) sebanyak dua sampai tiga kali. Kegiatan tersebut biasanya diisi dengan arisan dan pelatihan bersama. Dalam pelatihan bareng, salah satu member akan berbagi keterampilan membuat kue atau meracik jenis masakan tertentu. Tempat yang menjadi lokasi pertemuan adalah CCBC Baking Center, yang merupakan gedung milik mereka sendiri.

Selain itu, CCBC juga sering melaksanakan kegiatan kursus memasak untuk mereka yang ingin belajar, tetapi belum bergabung sebagai member. Meskipun menekuni bidang bisnis yang sama, tetapi antar member saling mendukung bisnis teman-teman mereka.

Kegiatan lainnya, ditambahkan Humas CCBC, Isma Azis Riu, adalah kegiatan bermisi sosial, “Jum’at Barokah”. Pada hari Jum’at, CCBC bekerjasama dengan Komunitas Cinta Sedekah Nusantara, membagikan nasi kotak kepada sekolah-sekolah yang kondisi siswanya mayoritas dari masyarakat kurang mampu. Makanan tersebut juga diberikan kepada para gelandangan dan tukang becak yang sibuk mencari nafkah di jalanan.

Sumber: Makassar Terkini

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *