Komunitas Kendal Membaca Gelar Lapak Baca Gratis di Taman Kota Kabupaten Kendal

Dalam suatu penelitian yang dilakukan UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001 persen. Dari 61 negara, Indonesia menempati peringkat 60, negara yang kurang minat baca.

Oleh karena itulah, beberapa Komunitas Baca gencar untuk membuka sebuah taman bacaan untuk para warga agar mau mulai membaca. Salah satunya adalah Komunitas Kendal Membaca yang menggelar lapak baca gratis di sebuah taman kota di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Walau bukan taman bacaan yang memiliki lemari rak, namun taman bacaan darurat ini bisa dimanfaatkan warga yang setiap pagi berkunjung di taman sembari mengawasi anak-anak mereka bermain. Apalagi taman bacaan ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

Lapak baca gratis ini merupakan gagasan Komunitas Kendal Membaca yang ingin memberi sarana bagi warga untuk bisa menikmati berbagai macam buku dengan gratis.

“Minimnya perpustakaan atau taman baca, membuat komunitas ini  mencoba berbagi buku dengan membuka lapak baca di gazebo Taman Garuda,” ujar Abdulrohman salah satu penggiat komunitas tersebut.

Awalnya, Abdulrohman mengadakan ajang kumpul komunitas untuk berbagi ilmu, buku dan diskusi tentang literasi tanpa melihat mereka adalah seorang pustakawan atau tidak. “Buku yang ada di lapak baca gratis ini hasil sumbangan anggota komunitas dan juga sumbangan dari sejumlah pihak,” imbuh pria yang akrab disapa Maman.

Komunitas tersebut berharap, taman bacaan gratis itu bisa menumbuhkan kesadaran membaca di kalangan anak-anak dan orang dewasa. Bagi warga, lapak baca tersebut bisa membatu pelajar maupun mahasiswa yang sedang mencari literasi. Terlebih ibu-ibu yang mengantarkan anaknya bermain di taman juga bisa ikut membaca buku sembari mengunggu.

Buku yang ada di lapak baca gratis ini tidak hanya buku anak-anak, berbagai macam buku mulai komik, novel hingga buku pelajaran juga tersedia. Taman Bacaan gratis ini digelar setiap minggu mulai pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Rencananya lapak baca gratis juga akan digelar di sejumlah taman yang ada di kabupaten Kendal agar bisa menumbuhkan minat baca.

Sumber: Otonomi

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *