Begini Cara Membuat Remote Alarm Suzuki Ertiga Silent

Punya Suzuki Ertiga jadi suatu kebanggaan tersendiri, karena kenyamanan yang jadi kelebihan. Namun beberapa hal simpel dari MPV 7-seater ini membuat beberapa anggota Ertiga Club Indonesia (ERCI) ingin mengutak-atik lebih jauh. Salah satu contohnya adalah sistem alarm dengan immobilizer yang memiliki bunyi cukup keras.

“Memang benar, kalau remote alarm di Ertiga kita tekan untuk buka atau tutup kunci pintu, itu bunyinya cukup keras karena dari klakson, kadang cukup mengganggu,” jelas Sutarno, salah satu anggota ERCI.

Kalau sedang mencari mobil di parkiran mal yang luas mungkin membantu untuk melokasikan posisi, tetapi hal ini akan mengganggu ketika ingin mengambil barang di mobil tengah malam dan harus membuka dan menutup kunci terlebih dahulu.

Nah, ternyata para anggota ERCI sudah memiliki solusinya untuk masalah ini. Cek caranya di bawah ya;

1. Seperti setiap remote kunci Suzuki lainnya, menekan tombol unlock sekali tidak akan membuka semua kunci pintu Ertiga. Tombol tersebut perlu ditekan dua kali, sedangkan setiap kali ditekan akan membunyikan alarm dua kali, sehingga membuka semua kunci pintu jelas akan membuat keributan cukup besar seperti membunyikan klakson empat kali.

2.  “Supaya tidak berisik saat buka tutup kunci, sebenarnya alarmnya bisa kita silent. Caranya cukup mudah. Pastikan semua pintu dalam keadaan tertutup, kemudian tekan tombol lock dan unlock bersamaan selama lebih dari 3 detik,” jelas pria yang akrab dipanggil Arno ini. Setelah itu, dapat dicoba mengunci atau membuka kunci dan tidak akan terdengar suara klakson lagi.   Hanya ditandai lampu sen yang berkedip seperti biasa.

3. Bila ingin membuatnya berbunyi lagi, cukup ulangi langkah di atas, maka suara klakson akan kembali menyambut setiap kali membuka dan menutup kunci via remote. Oh iya, cara-cara ini berfungsi untuk setiap Ertiga, dari yang pertama keluar sampai Dreza yang paling anyar juga loh!

Sumber: Otomotif Net

2 Comments

  1. Mulya says:

    Okey terimakasih gan atas panduannya.. bermanfaat sekali bagi temen2..

  2. bayu says:

    mau nanya master , bagaimana cara mengubah mode sillent pada suzuki splash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *