Catfizer Surabaya Galang Solidaritas Untuk Musibah Banjir Di Garut

Musibah banjir di Kabupaten Garut, Jawa Barat Rabu (21/9)lalu, memicu keprihatinan sejumlah elemen massa dari berbagai kota di Indonesia.

Salah satunya, Catfizer, komunitas pengguna aplikasi Catfiz messenger asal Surabaya, Jawa Timur yang secara spontan menggalang solidaritas untuk musibah banjir bandang di Garut.

“Kegiatan penggalangan dana ini, terjadi secara spontan setelah mendapat broadcast dari salah satu catfizer (red. Sebutan pengguna catfiz) mengenai musibah yang terjadi di Garut” Kata, Dewi Fentya, Catfizer asal Surabaya, Rabu (28/9)

Selain turun ke jalan untuk menggalang dana, Kata Fentya, Catfizer juga telah menggalang dana via online pada komunitas regional lainnya.

Dari hasil penggalangan dana di kawasan taman bungkul Surabaya, setidaknya menurut Fentya, telah terkumpul Rp.777.700, kemudian untuk penggalangan dana secara online terkumpul senilai Rp850.000,-

Dana tersebut, katanya, akan disumbangkan langsung kepada para pengungsi serta korban banjir di Garut, melalui salah satu perwakilan catfizer yang ada di daerah itu.

Ditambahkan dia, di lain tempat ternyata aksi simpatik komunitas tersebut juga di lakukan secara bersamaan di daerah-daerah lainnya. Kedepan, katanya, aksi solidaritas ini akan dilakukan untuk daerah lain yang saat ini sedang dilanda musibah.

Sekedar diketahui, Banjir bandang dan longsor di kabupaten Garut, dipicu hujan deras sejak Selasa (20/9), pukul 19.00 WIB lalu. Curah hujan tinggi menyebabkan debit Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri naik secara cepat

Berdasarkan data yang terhimpun, sedikitnya 26 warga meninggal dunia, 23 dinyatakan hilang dan 433 kepala keluarga terpaksa diungsikan.

Saat ini sebagian banjir sudah surut. Meski demikian, menurut BNPB, bencana ini menunjukkan kondisi daerah aliran sungai di hulu Sungai Cimanuk sudah rusak dan kritis.

Sumber: Delik News

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *