CCAI dan Komunitas Pencinta Pantai Ramaikan International Coastal Cleanup 2016

Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI), bekerjasama dengan Bali Hotel Association (BHA) dan Komunitas Pencinta Pantai kembali meramaikan International Coastal Cleanup 2016 untuk mewujudkan komitmen terhadap kebersihan pantai di pulau Bali. Dilaksanakan sejak tahun 1986, International Coastal Clean up telah menjadi salah satu gerakan terbesar dari para sukarelawan untuk mewujudkan kepedulian terhadap kelestarian laut di berbagai negara.

Selama 29 tahun terakhir, International Coastal Cleanup telah menginspirasi jutaan relawan serta pelaku industri mancanegara untuk mengambil tindakan dengan membersihkan, menghitung dan mengumpulkan sampah berdasarkan kategori masing-masing seperti puntung rokok dan plastik yang banyak ditemukan di pantai. Hal tersebut dilakukan untuk menganalisa jenis sampah dan mencari tahu bagaimana cara mengurangi banyaknya sampah tersebut.

“Sering waktu, kami ingin terus mengembangkan program rutin harian kami, Bali Beach Cleanup (BBCU), dan membangun kesadaran masyarakat bahwa setiap individu dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan pantai di mana pun kita tinggal. Hal inilah yang mendorong kami untuk terus berkolaborasi serta terlibat dengan berbagai komunitas dan bersama-sama membersihkan sepanjang garis pantai mulai dari Kuta, Legian, Seminyak, Sanur, Nusa Dua, Tabanan dan Jimbaran dalam kegiatan International Coastal Cleanup 2016 ini,’ ujar Indah Triyanti, Public Affairs & Communications, Coca-Cola Amatil Indonesia.

Bali Beach Clean Up (BBCU) merupakan sebuah program bersih-bersih pantai Bali yang diinisiasi oleh CCAI bersama Quiksilver sejak tahun 2007. Sejauh ini BBCU telah membersihkan lebih dari 31 kilogram sampah dari 5 pantai utama Bali dengan mempekerjakan 78 kru, dan menyediakan fasilitas berupa 150 tempat sampah baru setiap tahunnya, 4 traktor, 2 barber surf rake, dan 3 truk  sampah untuk mendukung operasional para kru pembersih pantai.

Di area Legian sendiri total ada lebih dari 450 peserta yang bergabung adalam kegiatan positif ini, didominasi oleh karyawan hotel yang berlokasi disekitaran pantai dan sebagian lainnya berasal dari tim dari CCAI dan juga komunitas pemuda yang peduli akan lingkungan. Kegiatan dimulai pagi hari pukul 7 dimana 450 peserta tersebut dibagi menjadi 3 orang tiap kelompoknya untuk mengumpulkan sekaligus mendata jenis sampah yang berhasil dikumpulkan. Hal yang membuat kegiatan ini cukup unik adalah pendataan jenis sampah yang dikumpulkan, dimana informasi yang dikumpulkan dapat menjadi bahan pertimbangan pembuatan kebijakan oleh pemerintah dan bentuk kontribusi dari pihak swasta.

Keterlibatan dalam gerakan positif ini sejalan visi CCAI untuk tumbuh bersama masyarakat di seluruh Indonesia. Sebelum berakhir acara cleanup dilanjutkan dengan Zumba bersama semua peserta dan penghitungan jumlah sampah yang dikumpulkan. Tepat pada pukul 10 pagi International Coastal Cleanup 2016 ditutup dimana hanya dalam waktu satu jam memungut sampah berhasil dikumpulkan sampah sejumlah 294 kg dengan punting rokok sebagai jenis sampah yang paling banyak ditemukan.

Sumber: Berita Dewata

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *