Komunitas Peduli Lingkungan Lakukan Aksi Bersih-Bersih Sungai Karang Mumus

Sejumlah mahasiswa dari komunitas peduli lingkungan Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur, melakukan aksi peduli Sungai Karang Mumus dengan cara memungut sampah sebagai bentuk sindiran kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

“Saya miris ketika melihat Sungai Karang Mumus (SKM) Samarinda karena menjadi tumpukan sampah yang dibuang warga,” ujar perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Peduli Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unmul Samarinda Sukmawati ditemui setelah memungut sampah di SKM Samarinda, Jumat.

Padahal, lanjutnya, SKM masih difungsikan oleh PDAM sebagai sumber baku air bersih yang dikonsumsi warga, sehingga sungai seharusnya dijaga kebersihannya, bukan malah dijadikan tempat pembuangan sampah.

Selain masih dimanfaatkan oleh PDAM, SKM juga masih digunakan warga untuk mandi, gosok gigi, cuci pakaian, maupun mencuci aneka perkakas rumah tangga.

Namun di sisi lain, sungai ini juga dijadikan pembuangan tinja yang dibuktikan dengan deretan MCK di bantaran sungai yang memiliki panjang 34,7 kilometer tersebut.

Sukmawati berharap dengan seringnya masyarakat memungut sampah di sungai, ditambah dengan gencarnya komunitas Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus (GMSS SKM), maka warga Samarinda menjadi malu ketika ingin membuang sampah ke sungai.

“Meskipun setiap hari anggota GMSS SKM memungut sampah sampai satu gerobak, tapi saya melihat gerakan ini bukan tertumpu pada berapa banyak sampah yang sanggup diangkat dari sungai, namun mereka lebih menekankan edukasi sekaligus ajakan kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Sumber: Republika

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *